Mahasiswa UM Boyong Juara 1 Kategori Industri Kreatif KMI Award 2019

Tiga mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali tuai catatan membanggakan tingkat nasional. Mereka adalah Alfira Shofi Islamiah (FE), Nadindra Kanya Pratitha (FE), dan Larasati Pramartika Devi (FPPsi). Pada (22-24/11) di Politeknik Negeri Batam, tim yang dibimbing oleh Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd., M.Pd. ini berhasil menggondol juara 1 Kategori Industri Kreatif pada ajang Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI). “Pengalaman yang paling berkesan itu bisa bertemu dengan perwakilan mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Dari situ, saya punya networking yang lebih luas,” tutur Alfira.

Sejak 2017, ketiganya sudah mendirikan bisnis produk jam tangan kayu senorkeling yang berasal dari sisa furniture tak terpakai. Mereka memilih untuk menciptakan jam tangan dari kayu karena limbah kayu di Indonesia sangat banyak sehingga mereka memanfaatkan limbah kayu tersebut menjadi produk yang layak pakai. “Sebenarnya saya sudah memiliki bisnis sejak dulu, tetapi saya dan tim mempersiapkan untuk KMI ini mulai bulan Februari 2019 dan brand kita bernama Boomi Indonesia. Saya dan tim mengikuti seleksi terlebih dahulu untuk pendanaan, kemudian dipilih untuk perlombaan tingkat nasional,” terangnya.

Alfira juga berharap pada generasi muda saat ini agar jangan beralasan sulit mencari modal saat memulai bisnis karena masalah itu adalah alasan klise yang sebenarnya bisa diperbaiki. Sekarang banyak perlombaan yang siap menyalurkan dana hibah untuk memulai bisnis. Memulai bisnis sedari dini lebih baik karena kelak dapat memberikan lowongan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

Pewarta: Waviq Azizah

Bagikan informasi ini: