Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengukuhkan 2 guru besar dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dalam Bidang Biologi. Kedua guru besar itu adalah Prof. Dr. Susriyanti Mahanal, M.Pd. dalam Bidang Ilmu Pendidikan Biologi dan Prof. Dr. Abdul Gofur, M.Si. dalam Bidang Ilmu Biologi.
Pengukuhan yang dipimpin oleh Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd,. M.Ag., Sekretaris Senat UM ini dilaksanakan hari Selasa (17/12) di lantai 9 Graha Rektorat UM berlangsung secara sakral dan lancar.

Dalam Pidato pengukuhannya yang berjudul Pembelajaran Deteksi Kualitas Air Sederhana Dengan Indikator Biologi Bentos Makroinvertebrata, Susriyanti Mahanal memaparkan mengenai masalah lingkungan membutuhkan peranan pendidikan untuk mengatasinya. “Permasalahan lingkungan tidak akan pernah selesai, salah satu isunya adalah tentang mengelola ekosistem sungai. Secara ideal upaya mengelola dan mengatasi ekosistem sungai dilakukan secara simultan melalui teknologi, regulasi, dan pendidikan. Contoh pengelolaan melalui pendidikan adalah dengan memberikan penjelasan yang mudah dipahami, mendeteksi atau memantau penyebab permasalahan, dan menciptakan solusinya,” terangnya.

Abdul Gofur memaparkan mengenai pola kehidupan empat sehat lima sempurna dalam pidato pengukuhannya yang berjudul Potensi Kekayaan Hayati Indonesia Sebagai Alternatif Terapi Diabetes Melitus Dalam Sudut Pandang Biologi Reproduksi.
“Slogan empat sehat lima sempurna terdiri dari makanan pokok lauk-pauk sayur buah-buahan dan susu. Slogan ini telah lama menjadi pedoman masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pola makan sehat, anjuran pola makan empat sehat lima sempurna merupakan kampanye pola hidup sehat yang dilakukan pemerintah sejak tahun 1955. Konsep empat sehat lima sempura kini telah disempurnakan menjadi pedoman gizi seimbang,” jelasnya.

Pewarta : Agustin Rahayu Intan berlianti