Universitas Negeri Malang (UM) sebagai kampus dengan latar belakang pendidikan senantiasa berupaya membangun mahasiswa yang berjiwa nasionalisme dan semangat bela negara. Salah satu bentuk nyata upaya tersebut adalah dengan terbentuknya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Satuan Resimen Mahasiswa (Menwa) 805 yang selalu memprioritaskan pembentukan rasa nasionalisme dan bela negara di setiap program kerjanya.
Bertempat di Gedung Sasana Budaya, UKM Menwa 805 menggelar upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Menwa 805 pada (17/01). Upacara yang dipimpin langsung oleh Dr. Mu’arifin, M.Pd. selaku Wakil Rektor III ini mengangkat tema “Bersinergi Bersama, Ciptakan Insan Cendekia” dengan tujuan membentuk kedisiplinan mahasiswa, menambah ilmu keolahprajuritan, serta langkah awal dari generasi muda dalam bidang bela negara. Pada acara tersebut turut hadir perwakilan Polsek Lowokwaru, perwakilan Kodim Lowokwaru, Personil Menwa 805, Alumni Menwa 805, Perwakilan DPM dan UKM UM, serta perwakilan satuan menwa se-korwil II Malang. Upacara sertijab ini adalah agenda tahunan yang menjadi salah satu program UKM Menwa 805.

Dr. Mu’arifin, M.Pd. dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada komandan baru, Khun Wang Jaya beserta seluruh staf Menwa UM periode 2020/2021 yang baru dilantik. Selain itu, dia juga mengapresiasi kiprah Menwa selama ini sebagai UKM yang turut mendukung terciptanya mahasiswa yang berkarakter kebangsaan.
“Siapa pun yang terpilih menjadi ketua menwa hendaknya bisa menjadi contoh dan mengemban amanah ini dengan sebaik mungkin,” tuturnya. Sementara itu, Fina Nur Safitri, ketua pelaksana dalam acara tersebut berharap, kepemimpinan yang baru bisa membuat satuan 805 makin baik ke depannya, terutamanya dalam program kerja. Selain itu, Fina juga mengungkapkan harapannya agar pemberangkatan pendidikan dasar Menwa dan pemberangkatan berbagai lomba mendapatkan dukungan secara penuh baik dari internal maupun eksternal.

Pewarta: Dewi Ayu Sakdiyyah