FE UM TAKLUKAN KEMBALI SERTIFIKASI ISO 9001:2015

Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) sukses meraih sertifikasi ISO 9001: 2015 yang dilaksanakan pada Selasa (21/1). ISO 9001 berkaitan erat dengan dasar-dasar sistem manajemen mutu. Tahun sebelumnya sertifikasi ini menggunakan ISO 9001:2008 yang kemudian bertransformasi ke ISO 9001:2015, yang mana 2015 ini merupakan tahun revisi terbaru dari sistem manajemen mutu. Sejak tahun 2012 FE UM berhasil menerima sertifikasi ISO 9001:2008 dan tetap mempertahankannya hingga sekarang walaupun sistem manajemen mutu tersebut telah bertransformasi. Melalui audit surveillance, yakni audit yang dilakukan badan sertifikasi independen, proses audit dilakukan pada unit kerja di lingkungan FE UM. Auditor melakukan kunjungan ke unit penjamin mutu (UPM), gugus penjamin mutu (GPM), pengelolaan kabag TU, pengelolaan kasubag akademik, kasubag umum dan BMN, kasubag keuangan dan kepegawaian, serta kasubag kemahasiswaan dan alumni.

Tahun ini instrumen yang diterapkan lebih detail dan menekankan pada pengelolaan di FE UM, di antaranya pengelolaan SDM dan administrasi atau surat menyurat. Keberhasilan FE ini tentu tidak lepas dari adanya kerja keras dari unit kerja yang bersangkutan. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak.,CA., selaku Dekan FE UM menuturkan bahwa pertemuan rutin sangat efektif untuk menyelesaikan berbagai macam kekurangan yang ada.”Ketika ada permasalahan selalu ada pertemuan rutin, kalau di sini saya rutin mengadakan rapim setiap hari Kamis, sehingga permasalah bisa diatasi setiap minggunya, tidak menumpuk,” tuturnya. Dengan langkah tersebut, tidak ada kendala berarti dalam memperbaiki temuan ISO 9001:2015 pada tahun 2019 lalu.

Meski telah memperoleh sertifikasi ISO, FE UM akan terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan di setiap unit kerjanya. Hal ini juga berkaitan dengan ruang kerja yang memadai. Fakultas ini memiliki kantor yang dikhususkan untuk UPM, sehingga mereka yang bekerja di unit tersebut dapat melakukan pekerjaannya dengan nyaman. Dalam hal pelayanan, Dekan FE UM selalu menekankan pelayanan sebaik-baiknya, tidak ada santai. “Di sini saya menerapkan one day service dalam memberikan pelayanan. Tidak harus menuggu satu hari, apabila saya bisa tanda tangan saat itu yang akan saya lakukan,” pungkasnya. Rosa

Bagikan informasi ini: