Sebanyak 300 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti Uji Kompetensi Kewirausahaan pada Senin, (25/11) di Aula E3 dan D4 FEB UM. Uji kompetensi kewirausa­haan ini bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Manajemen Wirausaha dan Produktivitas Merdeka, Malang. Sebelum diadakan uji kompetensi kewirausa­haan ini mahasiswa diberikan sosialisasi atau pra-assesment pada (20/11). Uji kompetensi ini merupakan wujud kepedulian pihak ju­rusan untuk membekali mahasiswa yang sebelum memasuki dunia kerja. Terlebih, dalam era sekarang skill berwirausaha sangat dibu­tuhkan.

“Uji Kompetensi Kewirausahaan sebagai sertifikat pendamping ijazah. Dalam hal ini jurusan bekerja sama dengan Lembaga Sertifi­kasi Profesi (LSP) Manajemen Wirausaha dan Produktivitas Merde­ka, serta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnaker) Kota Malang,” ujar Dr. Hj. Puji Handayati, S.E.Ak., M.M., CA.,CMA selaku ketua panitia. Serangkaian acara uji kompetensi ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap tes tulis dan tes wawancara.

Sekitar dua puluh asesor menjadi penguji dalam tes tersebut. Kelas dibagi menjadi sepuluh, setiap kelas diawasi oleh dua asesor. Salah satu akseseor mengatakan, “Sertifikasi ini sebagai pengakuan bahwa mahasiswa yang memiliki kompetensi kewirausahaan. Para mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan tersebut diuji agar memperoleh sertifikat. Kelak sertifikat itu dapat digunakan sebagai fortofolio dalam melamar pekerjaan.” Slamet Fauzan, salah satu asesor berharap uji kompetensi ini dapat meng­gali kemampuan dan potensi mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja, sebagai tonggak hidup yang mandiri dan berdikari dalam berwirausaha. Niken