Tim UM kembali sabet prestasi tingkat provinsi pada perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (Uinsa). Prestasi datang dari tiga mahasiswa yakni, Seyla Anggi Febriani (FIP), Nur Wagis Mulyawati (FIP), dan Fawaid Syamsul Arifin (FMIPA) yang berhasil menyabet Juara 1 cabang Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran (MKTIQ) di Uinsa, pada (12-13/02). “Yang paling berkesan untuk kami adalah mendapat ilmu baru. Selain itu alhamdulillah tim kami mendapat juara 1,” ujar Seyla, ketua tim.

Ketiganya menulis sebuah karya yang berjudul ‘Identifikasi Mukhannats Min Khalqin dan Mukhannats Bi Takallufin Berbasis Literasi Kembali Fitrah Berdasarkan Kajian Alquran dan Alhadist‘, yang berisi tentang kegelisahan atas diskriminasi terhadap Kaum Mukhannats (waria). Kemudian, ketiganya mengkaji pandangan alquran terhadap kaum tersebut. “Berkat bimbingan dari Bapak Sopingi, S. Sos., M.Pd. dan tidak terlepas dari bimbingan Mbak Tsania Nur Diyana, Mas M. Ilham Nurhakim, Mbak Eka Imbia Agus Diartika, Mbak Izzatun Navis, keluarga Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIA) Alquran Study Club (ASC) UM, dan keluarga Unit Kegiatan Mahasiswa Penulis (UKMP) UM yang sudah sangat berjasa membimbing tim kami. Sehingga kami bisa bawa pulang juara 1 MKTIQ,” tuturnya.

Seyla juga membubuhkan harapan untuk generasi muda agar jangan takut untuk mencoba hal baru jika untuk kebaikan. “Tetaplah berproses, karena belajar itu bisa di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Hal terpenting dalam perjuangan adalah kita tidak boleh takut pada kegagalan karena dari gagal itulah kita belajar dan berproses untuk menjadi lebih baik. Juga tetap istikamah dan jangan mudah menyerah,” jelasnya.

Pewarta: Waviq Azizah