Berkolaborasi dengan Gramedia, Unit Kegiatan Maha­siswa Penulis (UKMP) Universitas Negeri Malang (UM) gelar acara bertajuk Science Day 2019. Acara ini baru pertama kalinya diselenggarakan di Kota Malang, te­patnya di Graha Cakrawala UM pada (24/11). Grame­dia Science Day merupakan acara yang diperuntukkan bagi anak sekolah dasar (SD). Tujuannya tak lain untuk mengembangkan kreativitas dan keaktivan mereka. “Kita memberikan beberapa soal ujian sekaligus permainan sehingga mereka mampu belajar dan bermain bersamaan. Kita berharap anak-anak SD mampu memiliki kreativitas lebih di masa mendatang,“ ujar Ahmad Syaifudin selaku Ketua Umum UKMP.

Gramedia Science Day 2019 menyuguhkan beberapa tahapan yang dapat menguji kekompakan dan kreativitas anak-anak seperti adanya satu kali tes berupa teori tentang sains dan permainan ber­tahap yang dibagi menjadi tiga segmen. Permainan pertama yakni merangkai mobil listrik menggunakan bahan-bahan yang sudah disediakan, permainan kedua membuat miniatur jembatan meng­gunakan stik es krim, dan permainan terakhir merangkai pesawat terbang. Dari permainan bertahap tersebut, tiga pemenang terbaik dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

Peserta yang menjadi pemenang dalam acara Gramedia Sci­ence Day 2019 berasal dari berbagai sekolah. Juara satu diraih oleh siswa dari SD Unggulan Al Ya’lu, juara kedua diraih oleh peserta yang bernama Abdul Hafid Alannafys, dan juara 3 diraih oleh peser­ta dari SD Kalam Kudus. Ketiga pemenang ini berhasil menyisihkan enam tim lain yang lolos pada tahap final. “kami mengambil tiga juri yang merupakan dosen muda FMIPA. Kami memilih dosen muda karena kami menginginkan juri yang bisa berintraksi dengan peser­ta yang masih anak-anak,“ ujar Ahmad.

Antusias peserta Gramedia Science Day 2019 membeludak. Se­banyak 600 lebih peserta dari seluruh wilayah Jawa Timur, khusus­nya Malang Raya berpartisipasi dalam acara tersebut. “Sangat tak terduga. Pada awalnya kita agak ragu bisa mendapat 600 peserta yang terdiri dari 200 kelompok ini. Namun, ternyata kita malah me­lebihi target. Capaian ini juga disampaikan oleh regional manajer 5 Gramedia bahwa peserta kali ini menjadi peserta paling banyak daripada acara Science Day di kota lainnya,“ terang Ahmad. Anak-anak yang mengikuti Science Day 2019 memancarkan kebahagiaan karena setiap permainan yang disuguhkan menarik dan menant­ang. Acara ini bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak dalam bidang sains. Adanya hiburan seperti menyanyi dan menari semakin membuat acara ini jauh dari kata membosankan. Oleh karena itu, acara ini bisa disebut sebagai kompetisi kreativitas anak yang menyenangkan. Sebari belajar belajar sains, mereka juga bisa bermain dan bertemu banyak teman. Nurul