Gloria Vincentia Riyadi atau biasa dipanggil Glo berhasil kembali membanggakan Universitas Negeri Malang dan Kabupaten Malang dengan menyabet gelar juara 1 di ajang bergengsi Raka Raki Jawa Timur 2020. Kemenangan tersebut diumumkan pada malam puncak Duta Wisata Raka Raki Jatim yang diadakan di Graha Candra Wilwatikta (7/3) lalu. Ajang pageant tersebut diikuti oleh 76 finalis dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur.

Ditanya mengenai latar belakang mengikuti Raka Raki Jatim, Gloria mengatakan bahwa yang mendorongnya adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Menurut Gloria, ajang Raka Raki Jatim memiliki perbedaan dengan ajang kecantikan lainnya. Ajang ini tidak hanya adu kepintaran, wawasan, kecantikan, program, maupun fisik. Di Raka Raki Jatim dia merasakan adu mental dan karakter. “Selama kita bisa menunjukan mental tahan banting dan karakter yang kuat, merekalah pemenangnya,” ujarnya.

Gloria menerima penghargaan Juara Raki Jawa Timur

Raka Raki Jatim juga memiliki sejumlah tes yang tidak kalah rumitnya dengan ajang kecantikan nasional. Pada saat karantina ada banyak tahap yang dilalui, tes interview (tentang wawasan pariwisata dan kebijakan pemerintah), deep interview (program yang kita bawa ketika kita menjabat), bahasa Inggris (conversation dan tes tulis), ngadi sliro ngadi busono (catwalk), dan bakat. Gloria bercerita, persiapan Raka Raki membentuk pribadinya secara mental dan karakter.

Glo yang merupakan mahasiswa Jurusan Bahasa Jerman ini sejak mahasiswa baru sudah malang melintang di dunia pageant. Pertama kali mengikuti pemilihan Duta Kampus UM tahun 2017, dia mendapat gelar Runner-Up 2. Setelah berkaca dari kekurangannya, dia kembali melaju ke Pemilihan Duta Wisata Joko Roro Kabupaten Malang tahun 2018 dan mendapat gelar Wakil I Roro Kabupaten Malang. Akhirnya, dia berani maju di ajang pageant nasional, membawa nama sendiri dan mewakili Jawa Timur di ajang Putra Putri Batik Nusantara yahun 2018. Di ajang tersebut dia mendapat gelar Wakil II Putri Batik Nusantara. Tahun itu seharusnya Glo dipersiapkan maju ke Raka Raki tahun 2019, tapi karena menjabat Putra Putri Batik Nusantara, Glo mengikuti Raka Raki tahun 2020. Selanjutnya, dia akan melenggang ke Duta Wisata Indonesia yang akan dilaksanakan di Kalimantan Timur. “Mahasiswa UM sangat luar biasa jika mau berusaha dan berdoa,” pungkasnya memberi pesan pada mahasiswa UM. Nikmah