Situasi pademi Covid-19 tidak menghalangi semangat kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Edisi Covid-19 Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Ringinsari, Kabupaten Malang untuk tetap berkontribusi bagi masyarakat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksaan KKN UM tahun ini cenderung dilaksanakan secara daring dengan tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah. Proses bimbingan dan rapat koordinasi pun dilaksanakan secara daring melalui berbagai aplikasi tatap muka seperti WhatsApp dan Zoom.

Rapat koordinasi yang dilangsungkan pada (13/6) oleh kelompok KKN UM Desa Ringinsari bertujuan untuk menyesuaikan program kerja dengan kebutuhan yang diperlukan Desa Ringinsari. Rapat daring tersebut dihadiri oleh Slamet Winari dan Mustain selaku Kepala Desa (Kades) dan Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Ringinsari, Kabupaten Malang. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ajeng Daniarsih S.Si, M,Si. juga turut berpartisipasi dalam rapat daring tersebut.

Beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut terkait dengan program kerja yang sedang dalam proses pengerjaan dan menampilkan beberapa produk program kerja yang telah diselesaikan seperti masker, poster, banner, serta e-book edukasi Covid 19. Kades Ringinsari, Slamet Winari, memberikan respon yang positif terhadap program kerja yang telah disusun oleh kelompok KKN Desa Ringinsari UM, ”di masa pandemi seperti hari ini, memang harapannya program kerja yang disusun oleh kelompok KKN lebih baik mengarah kepada pencegahan Covid-19,” tuturnya. Selain itu, pihak desa mengaku akan membantu dan berkerja sama dengan kelompok KKN UM dalam menjalankan program kerja tersebut, baik dalam proses pembagian produk seperti masker, maupun dalam memberikan informasi terkait dengan kondisi desa. “Semoga kita semua dapat berkerja sama dengan baik dalam berkontribusi untuk Desa Ringinsari ini, terutama dalam pencegahan Covid-19,” tambah Mustain.

Kontributor: Inggit Yunistiana, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Biasa