Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang melaksanakan Pelatihan Media Pembelajaran Quizizz pada Rabu (24/6). Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman serta keterampilan kepada guru agar dapat menggunakan salah satu platform media pembelajaran daring yakni Quizizz. Pelatihan ini ditujukan pada salah satu sekolah yang berada di Kepuharjo, MTs NU Kepuharjo.

“Sebelumnya sekolah menggunakan media Google Form untuk melakukan kuis dalam media pembelajaran yang diterapkan di kelas,” tutur Nasron Azis, Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan MTs NU Kepuharjo. Media pembelajaran Quizizz sendiri adalah media pembelajaran berbasis daring yang banyak diminati oleh guru dan siswa. Bahkan di jenjang perguruan tinggi, aplikasi ini masih digunakan karena tampilannya yang menarik serta penggunaannya yang asik dalam pemberian kuis.

Acara pelatihan mendapat respon baik dari sekolah dengan kehadiran guru yang sangat antusias. Pelatihan dihadiri oleh 18 guru termasuk kepala sekolah dan Waka Kesiswaan serta 13 mahasiswa KKN UM Desa Kepuharjo dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T.

Kegiatan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni dengan wajib menggunakan masker dan menggunakan pensanitasi tangan sebelum memasuki ruangan. Selain itu, pemberian jarak pada tempat duduk juga dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Pada pelatihan tersebut guru tidak hanya mendengarkan penjelasan materi tentang Quizizz tetapi juga diajak untuk mencoba langsung bagaimana cara kerja aplikasi Quizizz untuk pembelajaran media daring. Komunikasi pada saat pelatihan berlangsung sangat komunikatif dan tidak membosankan sehingga peserta pelatihan terlibat aktif dalam acara pelatihan media pembelajaran Quizizz.

Kontributor: Andre Giovano Erlangga, Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil

Editor: Bunga| Admin: Maria