Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) tetap melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sebagian besar kegiatannya dilakukan secara daring (26/6). Salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan sekelompok mahasiswa KKN Desa Waturejo adalah pembuatan media pembelajaran. Program kerja media pembelajaran ini difokuskan untuk siswa sekolah dasar yang ada di Desa Waturejo. “Media pembelajaran digital sangat dibutuhkan oleh anak-anak, khususnya pada situasi saat ini yang melakukan kegiatan pembelajaran secara daring,” ungkap Bu Rida, guru SD Desa Waturejo. Media pembelajaran ini diadakan sebagai proker dengan menyesuaikan kebutuhan siswa di Desa Waturejo terutama sejak terjadinya pandemi Covid-19. Tujuan program kerja media pembelajaran ini yaitu media yang telah dibuat dapat menjadi pendamping pembelajaran siswa di rumah.

Media pembelajaran yang dibuat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu video animasi, Power Point (PPT) interaktif, dan e-book. Video animasi sendiri meliputi pembelajaran tema 8 untuk kelas 1 dan 2, PPT interaktif fokus pada tema 8 untuk kelas 3 dan tema 9 untuk kelas 4, serta e-book yang mencakup tema 9 untuk kelas 5 dan 6. Media-media pembelajaran ini diproduksi semenarik mungkin untuk menarik minat belajar para siswa selama diberlakukannya sekolah secara daring. Dengan begitu kegiatan belajar dapat berlangsung dengan menyenangkan.

Ayu, penanggung jawab program menyatakan bahwa “kebetulan beberapa anggota punya skill untuk itu. Jadi memudahkan untuk proses pembuatannya. Media pembelajaran ini sendiri difokuskan sesuai dengan kebutuhan di desa, yaitu siswa sekolah dasar dari kelas 1 hingga kelas 6. Harapannya media pembelajaran ini bisa digunakan semaksimal mungkin oleh para siswa atau pun guru-guru sebagai sarana pendamping proses belajar mengajar baik selama masa pandemi ini dan seterusnya.”

Pewarta : Maurizka Sabrina Septia, Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UM

Editor: Bunga| Admin: Maria