Di tengah pandemi Covid-19 era new normal ini, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berinisiatif untuk membagikan 1000 masker kepada warga Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Pembagian masker tersebut bertujuan mengajak warga setempat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama menjalankan kegiatan apa pun. Pada (23/6) mahasiswa KKN UM menyerahkan masker secara simbolis kepada pihak Desa Ngadilangkung yang diwakili oleh Bapak Budi dan Bapak Hadi selaku perangkat desa. Pada hari yang sama setelah kegiatan penyerahan masker secara simbolis, mahasiswa KKN UM terjun langsung ke masyarakat untuk membagi 1000 masker. 1000 masker dibagikan secara merata di 15 RT di Desa Ngadilangkung. Setiap RT mendapatkan 60 masker dan masker yang tersisa dibagikan ke posyandu desa setempat.

“Karena orang indonesia masih susah untuk sadar dengan hal-hal yang tak terlihat langsung oleh mata seperti Covid-19,” tutur Zacky Akbar Amrulloh Sugeha, Koordinator Desa KKN Ngadilangkung saat ditanya latar belakang program kerja ini. “1000 masker ini juga berhubungan dengan proker video edukasi kita. Saya rasa, kita perlu membagikan 1000 masker gratis kepada warga. Itu dimakdudkan, setelah warga menerima edukasi mereka bisa langsung menggunakan masker yang kami bagikan. Menurut saya proker ini sudah sangat tepat karena dibarengi dengan video edukasi. Sebelum kita terjun langsung di desa itu saya masih sering melihat orang masih belum menggunakan masker, tetapi alhamdulillah setelah diadakannya sosialisasi dan pembagian masker, warga lebih terlihat sering menggunakan masker saat berpergian,” tutupnya.

Perlu adanya kesadaran diri untuk disiplin dan taat aturan agar penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan dan semuanya akan kembali normal. Mari disiplin dan patuh aturan!

Pewarta: Anindita Putri Efendi, Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa dan Indah Larasati, Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Editor: Bunga | Admin: Maria