Di tengah wabah pandemi Covid-19, masyarakat tengah berada di antara dua pilihan yakni menyelamatkan nyawa dan ekonomi. Faktanya, selain membahayakan kesehatan masyarakat, pandemi Covid-19 juga memukul hebat perekonomian global seiring kebijakan pembatasan sosial yang kini diterapkan di banyak negara untuk menekan jumlah korban, termasuk Indonesia. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) berinisiatif untuk melaksanakan pelatihan E-Commerce (bisnis secara daring) dan membagikan buku panduan “Cara Mudah Berbisnis Online” dengan tujuan membantu meningkatkan perekonomian pelaku usaha di Desa Sananrejo, Jumat (26/6). Buku panduan tersebut diberikan langsung pada Kepala Desa Sananrejo, Bu Erna Yustining.

“Sebelum pemilihan program kerja ini, teman-teman KKN Desa Sananrejo melakukan survei ke desa untuk mengetahui permasalahan yang ada. Karena banyak ekonomi warga terdampak wabah pandemi Covid-19 seperti UKM (usaha kecil menengah, red.) di sekitar Masjid Bihaaru Bahri atau yang banyak dikenal sebagai Masjid Tiban dan ekonomi masyarakat menengah ke bawah lainnya, maka tim KKN Desa Sananrejo memberikan usulan untuk memberikan pelatihan bisnis daring dan pemberian buku panduan terhadap pelaku usaha,” terang salah satu anggota tim KKN UM sekaligus penanggung jawab kegiatan.

Kegiatan pelatihan E-Commerce dihadiri kurang lebih 15 peserta pelaku usaha dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Peserta yang datang diwajibkan untuk mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki tempat pelatihan. Selain itu, ketentuan seperti menjaga jarak juga diperhatikan dengan mengatur tempat duduk peserta pelatihan sesuai jarak yang aman. “Efektif, karena dapat meningkatkan motivasi kita sebagai para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, dan menambah wawasan terkait bisnis daring,” ujar salah satu peserta pelatihan saat ditanya bagaimana kesannya terhadap pelatihan E-Commerce ini. Dengan adanya pelatihan dan pembagian buku panduan, mahasiswa UM yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sananrejo, beharap dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian warga.

Kontributor: Angga Firman Setiawan, Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro & Anwar Aliansyah, Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris

Editor: Bunga | Admin: Maria