Pandemi Covid-19 tidak mengurungkan niat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) untuk mengajak masyarakat bersama-sama mencegah penularan virus tersebut. Salah satu kelompok KKN UM di Desa Sumbermanjing Wetan telah menyelesaikan program kerja menyusun video edukasi pencegahan Covid-19 sekaligus membagikan video tersebut kepada masyarakat Desa Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Memerlukan waktu 2 minggu, video edukasi pencegahan Covid-19 berhasil tersusun dengan baik. Video tersebut dibagikan kepada masyarakat Desa Sumbermanjing Wetan pada hari Rabu (01/06) dan diterima langsung oleh perangkat desa.

Pembuatan video edukasi Covid-19 tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat Desa Sumbermanjing Wetan mengenal bagaimana mekanisme dari penularan Covid-19 dan untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai upaya pencegahan apa saja yang dapat dilakukan masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Koordinator Desa Sumbermanjing Wetan, Mochamad Dimas Adi Saputra menuturkan bahwa “pencegahan Covid-19 itu sangat banyak. Mulai dari menjaga kebersihan, pola hidup sehat hingga olahraga”.

Untuk video edukasi tentang kebersihan, dipaparkan mengenai prosedur penggunaan masker, prosedur penggunaan cairan disinfektan hingga prosedur pembuatan face protector atau face shield. Untuk pola hidup sehat, mengenalkan bagaimana caranya mencuci tangan dengan baik dan benar hingga mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Tidak hanya itu, untuk menjaga imunitas tubuh, mahasiswa KKN UM Desa Sumbermanjing Wetan juga menyusun video edukasi tentang olahraga untuk anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia. Mahasiswa KKN UM mengajak untuk tetap melakukan kebugaran jasmani di rumah masing-masing.

“Adanya video edukasi bagi masyarakat Sumbermanjing Wetan oleh mahasiswa KKN diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, pola hidup sehat, dan bagaimana menjalankan olahraga di rumah,” tutur Bapak Sujono, Kepala Desa Sumbermanjing Wetan. Video tersebut dapat diakses pada kanal youtube “KKN UM SUMAWE 2020” dan akun media sosial Instagram @kkndisumawe.

Kontributor: Muhammad Hisyam Habani, Mahasiswa Jurusan Fisika

Editor: Bunga | Admin: Maria