Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) terus berusaha dan berupaya semaksimal mungkin untuk mengabdi di tengah pandemi Covid-19. Minggu (14/06), mahasiswa KKN UM di Desa Madiredo Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang menyumbangkan 50 faceshield dan 25 liter cairan disinfektan. Penyaluran bantuan tersebut langsung diserahkan kepada Bu Rumiyati, Kepala Desa Madiredo. Mahasiswa KKN UM diwakili oleh Koordinator Desa, Wahyu Nurcahyo menyerahkan secara langsung kepada Bu Rumiyati, Ibu Kepala Desa Madiredo dan disaksikan oleh beberapa ibu-ibu posyandu di balai desa setempat.

“Kemarin memang untuk penyerahan diwakilkan oleh bu kades (kepala desa, red.) karena pak kades sedang ada acara lain. Program kerja terkait Covid-19 ini masih akan terus berkelanjutan. Setelah kemarin ikut dalam penyaluran bantuan dari provinsi, hari ini kita bagi face shield dan disinfektan untuk persiapan kegiatan posyandu. Selanjutnya akan menyusul bilik sico, sabun cuci tangan, dan bantu penyemprotan di desa,” tutur Wahyu Nurcahyo.

Mahasiswa KKN UM di Desa Madiredo juga memasang banner yang bertuliskan Kuliah Kerja Nyata dengan diselipkan kata-kata untuk tetap jaga jarak dan tetap di rumah saja. Meskipun sekarang peraturan PSBB oleh pemerintah sudah dicabut, tetapi kami tetap mengimbau masyarakat Desa Madiredo untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, dan tetap di rumah jika memang tidak ada keperluan yang mendesak agar Covid-19 segera berakhir.

“Kami dari kelompok mahasiswa KKN UM terus berupaya agar protokol kesehatan tetap terlaksana di Desa Madiredo. Dari banner yang sudah di pasang di balai desa, kami menyampaikan melalui ilustrasi sekumpulan perawat yang memakai masker dan berjuang melawan Covid-19, juga kata-kata stay at home dan physical distancing yang dapat dilihat warga agar pesan dari kami dapat tersampaikan. Selain itu, supaya warga tetap mengingat jasa para tim medis,” tutur Febiana Putri Anggarwati, Wakil Koordinator Desa.

Kontributor: Febiana Putri Anggarwati, Mahasiswa Jurusan Matematika

Editor: Bunga | Admin: Maria