Meski telah memasuki era new normal, persebaran Covid-19 masih sangat berdampak pada kehidupan masyarakat, terutama di bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan. Membaca situasi tersebut, kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Blayu berinisiatif membuat buku panduan khusus. Buku tersebut dibuat agar masyarakat lebih mengenal Covid-19 dan lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Buku tersebut berisi berbagai macam bahasan, mulai dari pengenalan Covid-19, cara membuat handsanitizer dan desinfektan, proses pembuatan pupuk kandang, resep masakan, dan usaha berbasis online.

Buku panduan ini diberikan kepada masyarakat di Desa Blayu pada (29/6) lalu. Agar lebih menarik, buku tersebut dikemas dengan sampul yang ciamik. Tim penyusun juga memasukkan ilustrasi dan gambar untuk memudahkan masyarakat memahami pesan yang disampaikan.

Menurut Rosa, perwakilan dari bidang pendidikan, buku ini dibuat dengan tujuan mengedukasi masyarakat di Desa Blayu agar cerdas menghadapi Covid-19 dan tetap bisa berdaya secara ekonomi. Dia juga berharap masyarakat Desa Blayu, Kecamatan Wajak, semakin siap menghadapi era new normal.

Kontributor: Salma Isna Afifa, Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

Editor: Bunga | Admin: Maria