KKN Pulkam: Sulap Bumi Perkemahan Jadi Wisata Alternatif Desa

Potensi wisata Bumi Perkemahan (Bumper) Umbulan Karang di Desa Jajar Desa, Trenggalek menjadi salah satu sasaran program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program kerja tersebut digarap oleh kelompok mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang (UM) di Desa Jajar. Lokasinya yang teduh dan rindang, serta udaranya yang sejuk membuat lokasi ini sering didatangi muda-mudi dari wilayah sekitar untuk sekedar bersantai maupun berswafoto.
Sejak (9/6-1/7) kelompok KKN Pulkam Trenggalek bergotong royong menyulap bumper tersebut menjadi lokasi wisata alternatif desa. Tentunya, kegiatan tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan.
Pengembangan yang dilakukan antara lain dengan menambahkan tempat bersantai seperti meja kursi yang terbuat dari daur ulang ban mobil bekas, serta menyediakan spot foto bertuliskan “Umbulan Karang”. Tulisan tersebut dibuat besi agar bisa bertahan lama. Selain itu, juga ada penambahan tempat sampah agar kebersihan di sana tetap terjaga.
Dengan adanya kegiatan ini, Umbulan Karang diharapkan menjadi tempat wisata alternatif bagi warga Desa Jajar dan sekitarnya. Saiul Kholis selaku Koordinator Desa KKN Jajar mengatakan, program tersebut sangat bagus dan bisa menarik perhatian warga Desa Jajar. “Semoga yang kita kembangkan bisa awet dan bisa digunakan sampai kapan pun,” harapnya.

Kontributor: Sanala Budi Mukti, Mahasiswa Pendidikan Akuntansi

Editor: Bunga | Admin: Maria