Di tengah pandemi Covid-19, Universitas Negeri Malang (UM) tetap melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN tahun ini bertema KKN UM Edisi Covid-19 yang kegiatannya dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memutus rantai penularan Covid-19. Selain itu, KKN UM Edizi Covid-19 ditujukan untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Salah satu program kerja mahasiswa UM di Desa Waturejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang adalah memberikan bantuan 50 paket sembako. Bantuan paket sembako yang diberikan kepada warga dengan rincian yaitu 20 paket sembako diberikan kepada warga Dusun Watukidul, 10 paket untuk warga Dusun Watulor, serta 20 Paket sembako untuk warga Dusun Sumbergondo. Paket sembako yang diberikan berisi 1 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula, 1 bungkus garam, 1 kotak teh, 1 bungkus mie, 3 sachet kopi. Paket sembako diserahkan secara simbolis kepada Kepala Desa Waturejo, Bapak Suroso Karyo Utomo pada Kamis, (25/6).

Tidak sampai di situ, pembagian sembako dilanjutkan oleh para peserta KKN kepada warga dengan mendatangi rumah satu persatu secara langsung dan didampingi oleh kepala desa. Pelaksanaan kegiatan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan tetap menjaga jarak. Firda, penanggung jawab kegiatan mengungkapkan “pelaksanaan program kerja pembagian sembako berkoordinasi dengan kepala desa mengenai data warga yang berhak untuk menerima bantuan paket sembako, sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran. Adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat meringankan beban dari warga Desa Waturejo yang terdampak Covid-19.”

Warga dan kepala desa sangat antusias menerima bantuan paket sembako yang diberikan oleh Mahasiswa KKN UM. Dilakukannya program pemberian paket sembako diharapkan dapat bermanfaat bagi warga Desa Waturejo untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok. Harapannya ke depan pandemi Covid-19 dapat segera berakhir sehingga perekonomian warga dapat segera kembali normal.

Pewarta : Maurizka Sabrina Septia, Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat UM

Editor: Bunga | Admin: Maria