Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) di masa pandemi Covid-19 tetap melangsungkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menyesuaikan protokol kesehatan. Tidak terkecuali dengan mahasiswa kelompok KKN yang berada di Desa Jangur, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo (7/7). Mahasiswa KKN Desa Jangur yang diketua oleh Yoga Gibran Prianggara, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) memiliki beberapa program yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu program kerjanya yaitu memberikan edukasi melalui video. Tim video edukasi KKN Desa Jangur membuat empat jenis video yaitu video pengenalan tentang Covid-19, video tata cara cuci tangan yang benar dan bersih, video tata cara physical distancing, dan video pembuatan pensanitasi tangan alami.

Video edukasi dikemas dengan animasi yang menarik serta dilengkapi dengan dubing, demi memudahkan penonton. Untuk video tata cara physical distancing dan pembuatan pensanitasi tangan alami, kelompok menggunakan dubing berbahasa Madura mengingat masyarakat di Desa Jangur dalam kesehariannya memakai bahasa Madura. Dalam video edukasi ini juga dilengkapi keterangan dan subtitle berbahasa Indonesia, sehingga bagi yang tidak mengerti bahasa Madura tetap dapat menonton video edukasi tersebut.

Video edukasi ini telah dipublikasikan di kanal YouTube dan media sosial KKN Desa Jangur agar mudah diakses oleh masyarakat. Video edukasi ini juga bisa ditonton pada alat cuci tangan yang dibuat mahasiswa KKN Desa Jangur dengan teknologi berbasis barcode. Cara menggunakannya, dengan memindai barcode yang telah tersedia melalui gawai dan video akan langsung dapat diputar. Masyarakat Desa Jangur turut memberikan respon positif akan video tersebut. Kepala Desa Jangur, Bapak Agus Haryono menuturkan bahwa dengan adanya video ini warga desa dapat lebih memahami Covid-19 beserta cara pencegahannya.

Kontributor: Fariha Yumna, Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Rahardian Haris, Mahasiswa Teknik Mesin

Editor: Bunga | Admin: Maria