Senin (22/06), kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Edisi Covid-19 Universitas Negeri Malang (UM) Desa Rowokangkung, Kabupaten Lumajang mengadakan sosialisasi dan demo cara pembuatan pensanitasi tangan nonalami sesuai formulasi WHO berbasis alkohol dan pembuatan disinfektan di Balai Desa Rowokangkung. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh anggota Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang telah menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan mencuci tangan sebelum acara berlangsung, menggunakan masker, dan pengaturan jarak tempat duduk.

Pensanitasi tangan dibuat dengan bahan kimia, seperti alkohol 96%, air, H2O2 3%, dan gliserol 98%. Sedangkan disinfektan dibuat dengan bahan yang mudah didapat oleh masyarakat Desa Rowokangkung, yakni pemutih pakaian dan air. Sosialisasi pembuatan ini tentunya di bawah pengawasan. Tak hanya itu, sebelum mengikuti sosialisasi ibu-ibu PKK telah diberikan buku panduan Covid-19 yang disusun oleh mahasiswa KKN UM Desa Rowokangkung. Buku tersebut selain berisi kiat-kiat pencegahan Covid-19, juga berisi panduan pembuatan pensanitasi tangan alami dan nonalami, masker, serta disinfektan setelah sebelumnya sudah diadakan sosialisasi juga oleh mahasiswa KKN UM Desa Rowokangkung.

Setelah sosialisasi dan demo pembuatan pensanitasi tangan selesai, mahasiswa KKN UM Desa Rowokangkung menyemprotkan disinfektan di area Balai Desa Rowokangkung dan sekitarnya yang sering dilalui warga. Mahasiswa KKN UM Desa Rowokangkung berharap, dengan adanya sosialisasi dan demo ini, masyarakat Desa Rowokangkung dapat berdaya melakukan upaya pencegahan dan melindungi diri secara mandiri dari Covid-19.

Kontributor: Mita Berliana, Mahasiswa Jurusan Biologi

Editor: Bunga | Admin: Maria