Antusiasme mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti program kampus mengajar yang diluncurkan pemerintah, berhasil membantu pengembangan sekolah sasaran (Senin (21/06). Bukti nyata keberhasilan program ini tampak di salah satu sekolah sasaran yaitu SD Negeri 1 Senepo Slahung Ponorogo. Di sekolah tersebut, peserta program kampus mengajar tidak hanya sukses meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar, namun juga mengembangkan kualitas fasilitas sumber belajar dengan memanfaatkan lahan sekolah menjadi taman dan apotek hidup. Kegiatan ini tentunya menambah sarana belajar bagi peserta didik sekaligus mendukung penghijauan sekolah.

Djaedi, S. Pd Kepala Sekolah SD Negeri 1 Senepo menyampaikan bahwa program kampus mengajar yang menerjunkan mahasiswa dari berbagai jurusan sangat membantu sekolah, baik dalam proses belajar mengajar maupun pengembangan dan perbaikan fasilitas sekolah, “Kehadiran mahasiswa dari berbagai jurusan sangat membantu kami dalam memperbaiki pembelajaran yang ada dan mampu memberikan semangat bagi bapak ibu guru untuk terus berinovasi serta menciptakan lingkungan belajar yang kekinian”, ujarnya.

Penerjunan mahasiswa dalam program kampus mengajar juga berpengaruh positif terhadap pengelolaan lingkungan sekolah menjadi lebih asri dengan adanya kegiatan pembuatan taman dan apotek hidup. Program tersebut memang tidak secara langsung berkaitan dengan proses mengajar, namun program tersebut bertujuan menumbuhkan kepedulian dan kecintaan siswa pada lingkungan. Untuk itu pada saat proses penuntasan pembuatan taman dan apotek hidup, mahasiswa memberikan pengarahan kepada peserta didik agar senantiasan rajin menyiram, menjaga, dan memelihara tanaman yang ada di taman dan apotik hidup. Upaya ini dilakukan demi menyadari bahwa pendidikan di jenjang sekolah dasar merupakan pondasi untuk pembentukan karakter siswa dan keberhasilannya di masa depan.
Di akhir wawancara, Kepala Sekolah, mengungkapkan terima kasihnya kepada mahasiswa yang telah bertugas selama 3 bulan dan melaksanakan program dengan sangat baik sehingga sangat membantu pengembangan sekolah, “Saya sebagai kepala sekolah mewakili keluarga besar SD Negeri 1 Senepo mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang sudah bersedia terjun langsung membantu perbaikan sekolah dan membuat taman yang berguna bagi pembelajaran siswa”, pungkasnya. Program Kampus Mengajar yang dicanangkan pemerintah benar-benar mampu memberikan perubahan baik bagi sekolah sasaran dan juga bagi mahasiswa yang melaksanakan.

Pewarta : Berlian