Vaksinasi dan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan merupakan salah satu upaya penting mencegah penularan Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi di Desa Nglebak, Bareng, Jombang telah memasuki vaksinasi tahap kedua (Kamis, 24/6/2021). Kegiatan vaksinasi kedua yang dilaksanakan oleh petugas Kesehatan dan aparatur desa ini juga melibatkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) yang sedang mengabdi di desa tersebut.

Para ahli Kesehatan menjelaskan bahwa vaksin bukanlah obat yang benar-benar dapat menghilangkan Covid-19 dari tubuh manusia, melainkan hanya salah satu dari beberapa cara untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus Covid-19. Seseorang yang telah divaksin lengkap sekalipun tidak boleh lengah bebas beraktifitas tanpa menerapkan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan).

Mengamati bahwa kesadaran warga desa mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan masih rendah, maka pada Minggu, 27 Juni 2021 mahasiswa KKN UM mengadakan penyuluhan tentang Covid-19 dengan tema “Sudah Divaksin, Jangan Lupakan 5M!”. Pelaksanaan program ini dilandasi hasil pengamatan dimana masih banyak masyarakat yang terlihat keluar rumah tanpa menggunakan masker dan tidak menjaga jarak sebagaimana semestinya. Kegiatan ini bertujuan mengedukasi warga desa agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan meskipun sudah menerima vaksinasi. Dalam acara tersebut, mahasiswa juga membagikan masker dan hand sanitizer kepada para peserta agar warga lebih peduli dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, khususnya dalam memakai masker dan menjaga kebersihan tangan.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari Desa Nglebak, bidan desa dan anggota perangkat desa. Kegiatan diawali dengan sambutan dari pihak panitia dan perwakilan perangkat desa, dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi Pentingnya Prokes 5M oleh dr. Fitrotun Nisak, dari Puskesmas Bareng. dr. Fitrotun menyampaikan secara detail mengenai apa itu Covid-19, bagaimana Covid-19 bisa menular, dan bagaimana cara mencegah penularan Covid-19 serta materi terkait vaksinasi Covid-19.

Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dan diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta, Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta ketika sesi tanya jawab mengenai pencegahan dan vaksinasi Covid-19. Selain itu, acara semakin meriah ketika pemateri mengajak para peserta untuk berjoget Tiktok diiringi video Tiktok tentang protokol 5M dan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, diharapkan warga setempat semakin sadar akan pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari meskipun telah menerima vaksinasi lengkap. Dengan demikian maka harapan agar penularan Covid-akan semakin berkurang dan pandemi Covid-19 segera berakhir akan dapat terwujud.

Pewarta: Rifky