BRIGFAT: Gim Edukasi Kinematika Berbasis Augmented Reality

Fisika (kinematika) merupakan ilmu yang sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Meski cukup penting, pembelajaran fisika kurang digemari dikarenakan metode dan media pembelajaran yg digunakan guru cenderung monoton dan kurang menarik. Karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang lebih menyenangkan misalnya melalui gamifikasi.

Salah satu tim pendanaan PKM–RSH (Program Kreativitas Mahasiswa–Riset Sosial Humaniora) Universitas Negeri Malang (UM) 2021 menggagas inovasi media pembelajaran berupa “Educational Game Berbasis Augmented Reality Pada Platform Android Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa SMAN 1 Singosari Terhadap Materi Kinematika”.

Ide gim edukasi BRIGFAT didasari oleh hasil pencapaian literasi sains Indonesia dalam pemeringkatan PISA 2018 menduduki masih terpuruk pada peringkat 72 dari 78 negara. Fakta miris ini perlu dijawab dengan upaya inovatif yang jitu khususnya pada bidang studi fisika.

Inovasi pembelajaran fisika juga sangat urgen dilakukan karena fisika sebagai ilmu sains harus selalu beradaptasi dengan pesatnya pengaruh perkembangan teknologi, termasuk materi fisika fundamental yaitu kinematika.

Inovasi dikemas bentuk aplikasi BRIGFAT ini dikembangkan oleh lima orang mahasiswa yaitu Angguna Simaremare sebagai ketua tim, Dewi Setio, Fiona Putri, Sabrina Nabila, Fatiha Zahra, yang berasal dari beberapa jurusan di UM. Tim ini dibimbing oleh Bapak Nugroho Adi Pramono, S.Si., M.Sc.

“BRIGFAT hadir untuk mendampingi pembelajaran kinematika (gerak lurus & gerak melingkar) menjadi pembelajaran yang lebih menyenangkan karena dilengkapi dengan animasi pembelajaran dan 8 mini gim. BRIGFAT unggul karena 8 mini gim dikemas dengan menggunakan teknologi augmented reality,” terang Anggun, ketua tim pengembang BRIGFAT.

“Hadirnya BRIGFAT diharapkan dapat memberi konstribusi signifikan terhadap kualitas pembelajaran fisika, peningkatan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi fisika khususnya kinematika,” harap Anggun.

Kontributor: Fiona Putri

Editor: Bunga | Admin: Daffa’