Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (FS UM) kembali berhasil menyabet Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) UM 2022 setelah sebelumnya pada Pilmapres 2021, Noviachri Imroatul Sa’diyah yang merupakan perwakilan FS UM berhasil menyabet gelar yang sama.

Tahun ini, Rount Maulero berhasil mempertahankan prestasi FS UM dalam ajang Pilmapres UM sebagai Juara 1 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UM Program Sarjana sedangkan Juara 1 Mawapres UM Program Diploma berhasil dimenangkan oleh Icha Sivana Br Bangun yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (FEB UM).

Gelaran Pilmapres UM diselenggarakan pada Rabu, 30 Maret 2022 di Graha Cakrawala dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan tamu undangan. Ajang bergengsi ini diikuti oleh lebih dari 20 finalis yang tidak hanya berasal dari program sarjana tetapi juga program diploma.

Menurut Rount Maulero atau yang akrab dipanggil Roni, banyak saingannya yang merupakan mahasiswa hebat dan berprestasi dari masing-masing fakultas di UM. Namun, Roni tak menyangka bahwa dirinya berhasil menempati posisi sebagai Juara 1 Mahasiswa Berprestasi UM Program Sarjana sedangkan juara 2 berhasil diraih oleh Yongky Teguh Setiaji dari FEB UM dan juara 3 berhasil diraih oleh Daffa‘ Rizal Dzulfaqaar Alauddin dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang (FMIPA UM). Selain itu, ada pula penghargaan lain yakni Mahasiswa Berprestasi UM Kategori Inspiratif yang diraih oleh Fathandiaz Emirsya Nurwanto dan Mahasiswa Berprestasi UM Kategori Favorit yang diraih oleh Fitri Ariska.

“Saya niatkan mengikuti ajang ini untuk memberikan kontribusi kepada Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, dan Universitas Negeri Malang nantinya. Selain itu, orang-orang sekitar saya juga ikut bahagia atas pencapaian saya. Pencapaian ini juga memicu semangat saya untuk memberikan yang terbaik bagi UM karena amanah dan tanggung jawab yang besar ini dipercayakan pada saya sebagai perwakilan UM dalam ajang Pilmapres Nasional 2022,” Ungkap Rount Maulero penuh syukur.

Pada salah satu rangkaian tes Pilmapres UM 2022, Roni dibuat berkesan dengan tes kepribadian. Menurutnya, proses tes membuat Roni merasa diinterogasi melalui pengajuan berbagai macam pertanyaan yang dilakukan oleh juri berkompeten, di antaranya para dosen dari Fakultas Psikologi UM.

“Saya ditanya tentang kekurangan dan kelebihan diri, bagaimana cara saya menanggulangi kekurangan diri, apa kegemaran saya, dan lain-lain. Pertanyaan tersebut menjadi cambuk agar saya menjadi orang yang lebih baik karena saya dituntut untuk jujur kepada diri saya sendiri,” Tambah Roni. Hal tersebut membuat Roni sadar bahwa setiap manusia pasti memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing sehingga kekurangan tersebut bisa menjadi batu lompatan agar kita senantiasa memperbaiki diri serta kelebihan kita dapat bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang-orang sekitar.

Melalui ajang Pilmapres, seluruh mahasiswa diharapkan dapat lebih termotivasi dalam hal pengembangan kemampuan diri serta menorehkan berbagai prestasi. Pilmapres UM juga berdampak pada tolak ukur indikator kinerja universitas dan berkontribusi mengharumkan nama UM di tingkat nasional.

“Saya percaya bahwa apa yang kita lakukan di dunia ini berasal dari niat kita. Apabila niat kita baik maka Allah akan memberikan jalan yang terbaik. Sebaliknya, apabila niat kita kurang baik maka proses dalam meraih kesuksesan tidak akan dipermudah. Untuk teman-teman mahasiswa UM, mari kita bersama-sama memperbaiki niat kita,” Pesan Roni.

Bagi Roni, kunci sukses terbagi menjadi tiga, yakni kemampuan, kemauan, dan kesempatan. Banyak di antara kita memiliki kesempatan yang sama tetapi banyak pula di antara kita tidak memiliki kemampuan dan kemauan yang sama dalam meraih suatu kesuksesan. Oleh karena itu, jadikan setiap kesempatan sebagai wadah untuk berproses dan mengintrospeksi diri agar dijauhkan dari sifat-sifat kurang terpuji.

Reporter: Naufal Yuan Nabila