Demi menghidupkan kembali geliat ekonomi di era pandemi Covid-19, Inkubasi Bisnis dan Teknologi Universitas Negeri Malang (Inbistek UM) bekerja sama dengan Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Malang dan Malang Town Square telah menyelenggarakan Small Business Expo 2022. Acara ini ditujukan sebagai ajang pameran sekaligus sarana promosi bagi produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta para pebisnis yang baru merintis usahanya.

Small Business Expo 2022 diselenggarakan lima hari berturut-turut, mulai 23–27 Maret 2022 di Malang Town Square. Dengan adanya acara tersebut, masyarakat umum yang datang ke pameran dapat dengan mudah melakukan pembelian produk secara langsung. UMKM yang hadir juga berasal dari berbagai bidang usaha seperti UMKM yang bergerak di bidang kerajinan, kuliner hingga jasa.

Salah satu UMKM yang berpartisipasi dalam acara Small Business Expo 2022 adalah From the Seeds. UMKM yang bergerak di bidang agrikultur ini dikelola oleh tim mahasiswa yang beranggotakan mahasiswa S1 Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM, yakni Daffa’ Rizal Dzulfiqaar Alauddin, Febriandari Annisa Murti, Rani Dwi Lestari, Eka Nurkhayati, dan Rifqi Hilman, serta mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM, yakni Thoriq Aziz. Fokus usaha UMKM ini adalah penjualan produk inovatif berupa media tanam jamur tiram berbahan dasar limbah uang kertas. UMKM ini juga bekerjasama dengan Bank Indonesia Cabang Jember sebagai mitra penyuplai bahan baku.

“Kami sangat terkesan dengan adanya acara Small Business Expo 2022 karena kami sangat senang bisa memperoleh banyak relasi, khususnya dengan sesama pebisnis UMKM. Selain itu, wawasan seputar dunia usaha juga bertambah melalui penjelasan dari mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya. Kami juga mendapat kesempatan untuk mempromosikan produk kami kepada masyarakat luas secara langsung.” Ujar Daffa’ Rizal Dzulfiqaar Alauddin, salah satu anggota UMKM From The Seeds.

Tidak hanya sekadar pameran, Small Business Expo 2022 juga menghadirkan talkshow bersama empat narasumber yang inspiratif, di antaranya Muhammad Kautsar selaku owner PT Empat Sembilan Nusantara Muda dan Raja Dimsum Indonesia, Coach Dr. Fahmi selaku wirausahawan, pendiri sekaligus master trainer grounded business coaching, Hermawan Kartajaya selaku honorary founding chairman IMA, dan Dahlan Iskan selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet Indonesia Bersatu II yang juga pendiri Disway, wirausahawan sekaligus sociopreneur.

Kemeriahan acara semakin terasa dengan adanya live music, dance, peragaan busana, dan persembahan hiburan lainnya yang ditampilkan selama acara berlangsung.

“Pesan dari kami, mungkin acara sejenis dapat terlaksana untuk ke depannya karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari acara Small Business Expo 2022 ini, khususnya keberlanjutan bagi produk-produk inovatif mahasiswa UM yang tidak hanya berhenti di kompetisi tetapi bisa dikenal oleh masyarakat luas.” Tutup Daffa’.

Reporter: Naufal Yuan Nabila