Category Archives: opini

Karya Sastra yang Bertanggung Jawab

Karkono Supadi Putra Karya sastra tidak lahir dari kekosongan budaya. Karya sastra lahir dari perenungan panjang penulisnya. Melalui kata-kata, pada dasarnya karya sastra dihasilkan dari apa yang dilihat, dibaca, dirasakan, ataupun digelisahkan penulisnya. Sumber inspirasi utama karya sastra sebenarnya adalah … Continue reading

Posted in opini | Comments Off

Menyoal Kisah Miris Cerpen Tiga Edisi

Oleh Muslihati Salah satu kekuatan karya sastra adalah pengaruhnya pada aspek afektif seseorang yang dapat menggugah inspirasi. Karya sastra akan menjadi media pengasah kepekaan rasa dan kehalusan jiwa. Oleh karena itu, saya menjadi penikmat setia rubrik Rancak Budaya majalah Komunikasi.

Posted in opini | Comments Off

Kogfektor Building, Cetak Generasi Pendidikan

Oleh Triwibowo Probo Sukarno Dalam tataran kewarganegaraan, pemuda merupakan salah satu aspek yang dipertimbangkan. Keberadaan pemuda dalam suatu negara merupakan satu kesatuan yang utuh dengan sistem lain. Telah banyak peristiwa-peristiwa besar yang dilahirkan dari aksi pemuda.

Posted in opini | Comments Off

Impact Power Boyband- Girlband Korea

Oleh Girisena Ergasera Saat ini bangsa Indonesia memang berada dalam era globalisasi, tentu saja kita tidak akan dapat melepaskan diri dari globalisasi ini. Sudah barang tentu globalisasi akan berdampak terhadap segala aspek kehidupan dan moral terutama remaja.

Posted in opini | Comments Off

Electronic Art, Solusi Sampah Elektronik

Oleh Syifaul Fuada Tingkat konsumsi barang elektronik di Indonesia tidak bisa dianggap remeh jumlahnya. Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Telepon Seluler Indonesia, disebutkan bahwa pengguna ponsel Indonesia mencapai 180 juta pengguna pada akhir tahun 2010 (Astuti et al, 2012).

Posted in opini | Comments Off