Nama    : Mohamad Reza N.
TTL        : Malang, 29 Agustus 1990
Alamat    : Jalan KH. A. Dahlan 29 D RT. 01/ RW. 04 Kepanjen, Malang 65163
Hobi      : Membaca, menggambar
Jurusan    : FS/Sastra Jerman/Pendidikan Bahasa Jerman
Cita-cita    : Dosen, pengusaha
Motto    : Today must shall be better than yesterday
Pengalaman organisasi:
a. Wakil Ketua HMJ Sastra Jerman Periode 2010
b. YEPE (Young Pioneers)
c. ENCOMPASS Trust Indonesia
Prestasi:
1. Wakil I Joko-Roro (Duta Wisata) Kabupaten Malang 2008
2. Perwakilan Indonesia dalam Encompass Trust Journey of Understanding, Scotland, 2009
3. Raka Jawa Timur 2010
Hari ini seharusnya lebih baik dari hari kemarin. Itulah motto yang selalu dipegang teguh oleh Mohamad Reza N. yang telah berhasil ditahbiskan sebagai Raka Jawa Timur 2010 4 April kemarin. Mahasiswa Sastra Jerman ini berhasil mengalahkan pesaing-pesaingnya yang berasal dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur. Ia juga berhasil memukau para juri dengan jawaban yang sangat bagus dengan menggunakan bahasa Inggris. Berikut hasil wawancara kru Komunikasi dengan Raka Jatim 2010.

Bagaimana awalnya Anda bisa tertarik mengikuti ajang pemilihan ini?
Dalam mengikuti ajang seperti ini, bermula ketika waktu SMA  terdapat duta sekolah yang akan mewakili sekolah ke ajang pemilihan Jaka-Rara. Ketika itu berdasarkan saran dari teman-teman dan dengan motif coba-coba, saya pun mengikutinya dan alhamdulillah terpilih sebagai wakil I Jaka-Rara Kabupaten Malang pada tahun 2008. Sebagai wakil I, saya diamanahkan mengikuti pemilihan Raka Jawa Timur pada tahun 2010 ini.

Bagaimana persiapan yang dilakukan hingga akhirnya terpilih menjadi Raka Jatim 2010?
Sejak dipercaya menjadi wakil I Jaka-Rara, sebenarnya saya sudah dipersiapkan untuk mengikuti pemilihan Raka Jatim 2010 ini. Terdapat pembekalan yang diberikan, baik itu selama satu bulan sekali atau dua bulan sekali. Namun, untuk persiapan yang benar-benar intensif dilakukan selama satu minggu sebelum pemilihan ini. Sejauh itu, yang saya lakukan adalah sharing dengan teman paguyuban yang telah berangkat. Untuk menambah tes pengetahuan cari-cari di internet dan baca-baca buku.

Apa modal utama yang Anda bawa dalam pemilihan ini sehingga Anda terlihat spesial dibandingkan peserta lainnya?
Secara hitam di atas putih, saya sudah kalah dengan mereka. Peserta lain berangkat sebagai wakil terbaik dari daerahnya masing-masing, sedangkan saya berangkat hanya sebagai wakil I Jaka-Rara. Tetapi, untuk ini saya tidak pesimis karena saya masih bisa terus belajar untuk sama-sama bersaing dalam ajang ini. Dengan percaya diri, saya mengikuti ajang ini, mengikuti kegiatan dengan santai tetapi serius, selalu supel dengan orang lain, dan  menjadikan rival sebagai teman bagi saya. menentukan melalui keputusan dewan juri.

Apa motivasi dari diri Anda sendiri untuk terus lolos masuk sepuluh besar dan menyabet gelar?

Sebenarnya, yang membuat saya terus semangat adalah dengan ikut acara ini, saya bisa nambah teman, nambah pengalaman, dan juga bisa nambah pengetahuan. Hehe. Tidak ada ambisi bahwa saya harus juara. Kebetulan, saat tes talent, saya membawakan Tari Topeng Malangan. Yakin, tarian yang dibawakan bagus, kemampuan bahasa Inggris nggak jelek-jelek amat. Awalnya, minder karena sudah kalah secara hitam di atas putih, tapi alhamdulillah hasilnya unexpected. Di luar dugaan!

Momen spesial: Reza (ke dua dari kiri)
saat menunggu pengumuman Juara I Raka Jatim
Setelah terpilih menjadi Raka Jatim 2010, apa manfaat yang Anda peroleh?
Ilmu baru, teman baru, pengalaman baru, dan yang pasti tanggung jawab baru. Akan menjadi kewajiban saya untuk terus menambah wawasan tentang Jawa Timur sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik, terutama untuk mewujudkan eko-tourism di Jawa Timur dengan mengembangkan pariwisata, tetapi tidak mengesampingkan kelestarian alam. Jul