IMG_7579

Setelah mendapat penghargaan dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) tahun 2014 lalu, kru Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang (UM) tidak berpuas diri. Terbukti 2016 ini, SPS kembali mempercayakan piala Bronze Winnernya lewat Indonesia Student Print Media Awards (Isprima).
Mendapatkan Bronze Winner yang setara juara tiga tersebut bukan perkara mudah. Sejumlah 58 entri dari 21 Perguruan Tinggi se-Indonesia berkompetisi memperebutkan tropi. Majalah Komunikasi Edisi Juli–Agustus 2015 berhasil menyabet tropi dalam kategori The Best of Java Magazine. Di edisi tersebut, Komunikasi menyajikan Car Free Day dalam laputnya, sampul muka pun bergambar sepeda pancal yang dikemas unik, menarik, dan sesuai dengan konten. Keseragaman warna pun ditampilkan dalam cover edisi 299 tahun 2015 tersebut.
Penerimaan entri via online dilakukan selama tiga bulan, mulai 9 November hingga 9 Januari 2016. Namun, karena animo pendaftaran peserta yang luar biasa, SPS pusat memperpanjang waktu penyerahan entri awarding. Setelah melewati tahapan entri panjang, penjurian  dilakukan selama dua hari, Senin—selasa (18—19/1), di Aula SPS Pusat, Gedung Dewan Pers lantai 6, Jakarta.
Kriteria penilaian meliputi aspek desain grafis 25%, ide/gagasan kreatif 25%, branding 15%, foto jurnarlisme 20%, dan komunikasi 15%. Kriteria ini dinilai ketat oleh para dewan juri dari praktisi di bidangnya masing-masing, yakni Gunawan Alif (aspek komunikasi massa), Ndang Sutisna (ide kreatif), Arief Prabowo (marketing/pengiklan), Oscar Motulloh (fotografi), dan Janoe Arijanto (branding).
Puncak acara Isprima digelar di Hotel Golden Palace, Mataram, Lombok, Selasa (09/02). Ibukota Nusa Tenggara Barat ini dipilih sebagai tempat penyerahan awards paling bergengsi bagi industri media cetak nasional. Pada saat yang bersamaan kota itu juga menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2016.
Tidak hanya Isprima, malam penghargaan ini juga untuk media cetak komersial se-Indonesia yakni Indonesia Print Media Awards (IPMA), media internal korporasi dan lembaga, Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA),  desain rubrik anak muda di Suratkabar Harian di Indonesia Indonesia Young Readers Awards (IYRA).
“Kita patut bangga dengan pencapaian ini karena kita telah mampu bersaing dengan perguruan tinggi se-Indonesia,” terang A.J.E. Toenlioe. Ketua Penyunting Komunikasi UM tersebut menambahkan, pencapaian ini harus kita jadikan motivasi agar Komunikasi lebih baik, berkualitas, kreatif mengemas konten dan selalu ditunggu para pembacanya. Nida