Kabar menggembirakan datang dari Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Robby Ainu Fikry. Mahasiswa Jurusan Seni dan Desain (Sedesa) UM ini berhasil menyabet predikat Best of The Best kategori umum pada PLN Video Competition 2018 “Listrik Mudahkan Hariku”. Robby mendapat undangan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk pengumuman pemenang sekaligus penganugerahan hadiah di Museum Listrik dan Energi Baru (MLEB), Jakarta pada Senin (28/01). Ada tiga tahapan penjurian yang dilalui sebelum karya Robby keluar sebagai yang terbaik. Pada tahap pertama, diambil 127 dari total 776 karya se-Indonesia. Mohammad Rivai Riza, sutradara dan produser film dipilih sebagai juri pada tahap dua untuk memilih sepuluh karya. Tahap ketiga, seluruh kontestan yang terpilih bertandang ke MLEB untuk pengumuman pemenang beserta pemberian apresiasi.


Film berjudul Langkah Tegas Ranupani tersebut menceritakan kemajuan perkembangan Ranupani sejak adanya listrik. Robby menuturkan, sejak datangnya listrik akses transportasi dan pertumbuhan ekonomi di Ranupani juga membaik, mulai dari jalan beraspal, penerangan jalan, hingga tumbuh suburnya ladang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Ranupani. Sempat mengurungkan niat, akhirnya Robby memantapkan diri mengikuti lomba di sepuluh hari menjelang deadline.
Ditemani adiknya yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), bermodal tekad dan finansial seadanya Robby berkunjung ke Ranupani. Di sana ia bertemu Imam Chodri, S.Pd., sesepuh Desa Ranupani. Ditegaskan oleh Robby, Imam Chodri dipilih menjadi narasumber karena sosoknya yang berpengaruh kuat di Ranupani. “Yang membuat film saya hidup ya Pak Imam Chodri, ada pesan moralnya, beliau pinter banget, ngomongnya juga enak,” jelas Robby.


Dibutuhkan waktu tiga hari untuk proses pengambilan gambar dan sisanya untuk proses penyuntingan gambar. Buta warna parsial membuat Robby mengalami kesulitan. Beruntung, ada sosok Lila Nur Aini, mahasiswi Ilmu Perpustakaan yang bisa melengkapi kekurangan Robby. Segala hal mengenai desain, foto, dan video yang ada kaitannya dengan warna diberi koreksi dan masukan oleh Lila.


Rekam jejak Robby pun cukup cemerlang.Tercatat beberapa prestasi pernah ditorehkannya, diantaranya: Juara 2 Video Simpati Kickfest 2016, Juara Favorit Video Pariwisata Kabupaten Kediri 2017, Juara 1 Video Simpati Kickfest 2017, Juara 1 Video Simpati Kickfest 2018, dan Juara 3 Video Competition Jawa Timur Park Group 2018. “Percayai dirimu, yakini kemampuanmu dan maksimalkan keterbatasanmu” dijadikan Robby sebagai pemicu untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi orang lain. Pesan Robby, jangan pesimis melihat karya yang terasa lebih tinggi, karena berani memulai adalah kunci yang mampu menjadi bukti kemampuan diri. Irkhamin