Asrama mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar acara Gebyar Asrama 2019. Acara yang berlangsung meriah pada (21/03–03/04) ini mengangkat tema “Semangat Berkarya dan Aksi Nyata dalam Mewujudkan Generasi Muda yang Cerdas, Kreatif, dan Peduli Sesama”. Kendati acara tersebut diadakan setiap tahun, namun ada yang berbeda dalam gebyar asrama kali ini. Tahun ini, acara tersebut semakin semarak dengan digabungnya dua acara besar yang meliputi asrama festival (afes) dan bakti sosial dalam rangkaian Gebyar Asrama 2019.
Acara yang bertujuan untuk mempersolid kekeluargaan anggota asrama UM ini juga dijadikan ajang untuk mengasah kemampuan mahasiswa, terbukti, dengan rangkaian lomba yang diadakan. Serankgian kegaitan tersebut tersebut dimulai dengan lomba tartil, cerdas cermat umum, kaligrafi, asrama mencari bakat (AMB), futsal, bazar asrama, photo contest, donor darah, bakti sosial di desa Wiyurejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, dan ditutup dengan Asrama Fashion Show (AFS). Acara yang dibuka oleh pembina asrama, Agus Hartono, S.Pd. tersebut dipenuhi dengan antusias warga asrama yang luar biasa. Senada dengan hal tersebut, Ketua Pelaksana Gebyar Asrama, Al Karomah Sihafuddin atau akrab dipanggil Alka mengatakan bahwa antusisme warga asrama sangat terlihat saat acara puncak. Pada saat lomba Asrama Fashion Show, setiap warga asrama diharuskan memakai pakaian adar di Indonesia. Pada acara donor danar pun para pendonor sudah mengantri sebelum donor darah dibuka.
Gebyar Asrama tidak hanya melibatkan warga asrama. Masyarakat umum dapat turut berpartisipasi dalam acara bakti sosial dan donor darah. Meskipun acara dipisahkan antara asrama putra dan putri, panitia berjumlah 77 orang yang berasal dari pengurus rumah tangga asrama dan beberapa warga asrama yang mengikuti open recruitment mampu menghandle dengan baik hingga acara selesai. “Tidak ada kendala yang terlalu besar pada acara kali ini, hanya pada saat bakti sosial medan untuk masuk ke lokasi lumayan sulit,” ungkap Alka.
Acara Gebyar asrama ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah di Gedung Kuliah Bersama Fakultas Ilmu Pendidikan. Ditutup oleh Kepala Subdivisi Asrama, Drs. Suharmanto, M.Pd., acara penutupan dibarengi dengan AFS mulai pukul 08.00-14.00. “Kegiatannya sangat seru, apalagi pada saat bakti sosial, senang bisa saling berbagi,” ungkap Fitrah Listianing Rahayu, peserta Gebyar Asrama 2019. Diungkapkan Alka, dengan adanya gebyar seperti ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempererat hubungan antar anggota asrama yang notabenya hanya bertemu satu tahun sekali. “Semoga nantinya tali silaturahmi akan tetap terjaga,” tutup Alka.Nikma