Assalamualaikum, Wr. Wb.
Saya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, sejak saya menjadi mahasiswa banyak dari kehidupan saya yang harus berubah. Saya terlahir dari keluarga yang berkecukupan dan selalu dimanja, dalam hidup saya tidak merasakan susah. Keputusan saya untuk kuliah di Malang yang jauh dari rumah membuat saya terpaksa hidup mandiri. Banyak permasalahan yang terus muncul, seperti rasa berat untuk melangkah maju dan ingin kembali. Sekarang saya melaluinya sudah satu tahun, tetapi saya belum bisa mandiri, bahkan untuk merapikan pakaian saya sendiri belum bisa dan selalu meggunakan jasa orang lain. Bagaimana solusinya?


Jawaban:

Waalaikumsalam, Wr. Wb.

Kepada Ananda di Fakultas Ilmu Sosial. Keputusan Anan­da untuk kuliah di luar kota merupakan keputusan awal yang berani dalam rangka mengembangkan diri mencapai tujuan hidup Ananda. Sebab apabila mencari kemudahan dalam se­gala hal, maka akan terjadi stagnan dalam diri. Pengembangan diri memang melibatkan pengambilan keputusan beresiko dan kemauan untuk berusaha lebih keras agar mencapai ha­rapan yang diinginkan. Hal ini tidak mudah bagi Ananda yang sudah terbiasa dengan kenyaman yang ada dalam keluarga.

Pada umumnya, seseorang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri ketika ada perubahan dalam kehidupan. Pe­rubahan tersebut dapat berupa aktivitas baru, tuntutan dan tu­gas baru, serta lingkungan sosial baru. Ada individu yang mem­butuhkan waktu singkat untuk menyesuaikan diri, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lama. Hal ini dapat dikarena­kan faktor internal maupun eksternal. Sikap Ananda yang malu menceritakan permasalahan kepada orang lain, merupakan fak­tor internal yang dapat menghambat proses penyesuaian diri.

Selain aspek penyesuaian diri, ada aspek motivasi yang me­miliki peran penting untuk membuat seseorang dapat bertahan dan terus berusaha dalam mencapai tujuan hidupnya. Motivasi ini yang akan menjadi daya dorong dan daya tarik ketika mengha­dapi kendala atau hambatan. Motivasi ada dua yaitu motivasi in­trinsik dan ekstrinsik. Ketika memutuskan melanjutkan kuliah di luar kota, tentu Ananda memiliki motivasi kuat. Motivasi ini yang harus selalu diingat pada saat muncul keinginan kembali pulang.

Beberapa saran pengembangan yang dapat Ananda laku­kan, antara lain (1) Mulailah terbuka dengan teman-teman, baik itu teman kuliah maupun teman kos, anggap mereka adalah keluarga baru. Apabila menghadapi kendala jangan ragu untuk bercerita dan meminta saran. Ananda juga dapat mengamati atau bertanya kepada teman yang berhasil dalam mengatur aktivitas kuliah dengan aktivitas pribadi. Hal ini dapat mempercepat proses penyesuaian diri; (2) Mulailah un­tuk mengatur diri dengan disiplin. Apabila biasanya Ananda dilayani dan dibantu dalam keluarga, maka saat ini adalah ke­sempatan untuk belajar mengatur diri sendiri. Ingatlah bahwa semakin Ananda dewasa maka semakin banyak tuntutan un­tuk mandiri. Apabila saat ini Ananda tidak belajar hidup man­diri, Ananda akan kesulitan ketika menjalani masa kerja dan masa menikah; (3) Ingat selalu motivasi Ananda ketika me­mutuskan kuliah di Kota Malang. Tuliskan motivasi tersebut di buku-buku catatan dan buat poster untuk ditempel di kamar.

Jawaban oleh :
Ike Dwiastuti, M.Psi.,
Dosen Fakultas Pendidikan Psikologi UM