Hawa dingin menjadi ciri khas Kabupaten Malang. Pesona alam yang ditawarkan selalu menggoda siapa pun untuk berkunjung, salah satunya adalah Kebun Teh Wonosari. Terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Malang, Kebun Teh Wonosari berada pada ketinggian 950-1.250 MDPL. Tidak hanya menyajikan panorama yang indah, hawa sejuk angin pegunungan akan menyapa setiap wisatawan yang datang. Bentangan luas pohon teh terbagi menjadi tiga subarea, yaitu Kebun Wonosari, Kebun Raden Agung, dan Kebun Gebug Lor. Tahukah kamu, kebuh teh ini merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang dijadikan tempat wisata.

Saat kesejukan berkarib dengan keakraban


Di balik kecantikannya, wisatawan harus tahu bagaimana awal mula berdirinya kebun teh tersebut. Menurut warga sekitar, perkebunan teh yang pertama kali di Indonesia bukanlah perkebunan yang diusahakan oleh bangsa Indonesia sendiri, melainkan oleh pemerintah Kolonial Belanda. Upaya bangsa Indonesia untuk mengadopsi dan mengembangkan tanaman perkebunan membutuhkan waktu yang lama. Berbagai bentuk dan corak yang mewarnai perkebunan teh masih menampakkan kondisi masa lampau. Hal tersebut masih dapat dilihat pada masyarakat di sekitar perkebunan yang seolah-olah sudah terpola oleh kondisi dan lingkungan. Masyarakat di sana sangat mencirikan aspek sosial budaya dan ekonomi daerah perkebunan.


Pada abad ke-19 mulai ada titik terang dalam pengenalan tenaman teh sebagai tanaman perkebunan. Kota Malang pada masa itu dikuasai oleh Kolonial Belanda dan memiliki letak geografis berupa dataran tinggi yang sangat cocok untuk ditanami teh. Pada masa itulah Kebun Teh Wonosari mulai dikembangkan hingga sekarang. Setelah mengetahui sejarahnya, selain dimanjakan oleh pemandangan yang memesona juga mendapat ilmu pengetahun.

Instagramable, jembatan Kebun Teh Wonosari


Kebun Teh Wonosari sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai. Tak berlebihan rasanya jika tempat ini merupakan penghilang penat yang sangat menyejukkan. Di sana wisatawan tidak hanya disuguhi keindahan alami khas pegunungan, tetapi juga diberi fasilitas yang tidak akan membuat wisatawan betah. Siapa pun bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan. Ada kereta mini yang siap mengajak wisatawan keliling perkebunan tanpa harus capek-capek jalan kaki. Selain itu, ada juga menara pantau dan jembatan panjang yang bisa menjadi lokasi foto bersama. Frame love, gubuk kayu, dan sayap burung juga bisa menjadi spot foto yang cantik bagi wisatawan yang ingin mengabadikan moment, terlebih bagi wisatawan yang datang berdua dengan pasangan. Foto akan berkesan romantis saat bercengkrama di tengah perkebunan teh yang hijau. Tak hanya itu, dari menara pantau dan jembatan panjang wisatwan akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian. Dari sana terlihat hamparan pohon teh berwarna hijau membentang sejauh mata memandang.


Selain perkebunan teh, Kebun The Wonosati juga menyiapkan wisata edukasi, pemandian air hangat, serta kebun binatang mini. Kebun binatang mini menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Banyak anak TK yang melakukan darmawisata ke sana. Dengan adanya gazebo, kantin, dan pendopo untuk beristirahat menambah lengkap fasilitas yang ditawarkan. Jadi, bisa dipastikan suasana liburan akan sangat menarik karena tidak monoton dengan perkebunan hijau saja, meskipun pesona yang disuguhkan sangat memukau dan menyejukkan mata.


Bagi wisatawan yang tidak bisa bepergian dengan kendaraan pribadi, tenang saja. Dari arah Malang silakan menaiki transportasi arah Malang-Surabaya dan turun di stasiun Lawang, setelah itu ganti naik angkutan arah Wonosari. Jalan yang berbelok-belok dan menanjak menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menyukai travelling. Di sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi pohon buah naga yang berjejer rapi.
Nah, bagi wisatawan dari luar kota tidak perlu kawatir. Di dalam kawasan agrowisata Kebun Teh Wonosari terdapat banyak penginapan dengan desain minimalis yang menggoda siapa pun untuk menginap. Hanya dengan kisaran harga Rp 150.000,00 hingga Rp250.000,00 wisatawan dapat menikmati sarana olahraga dan menginap dengan tenang di kesunyian pegunungan. Tanaman toga di sekitar penginapan menambah asri suasana penginapan.

Fokus ke daun teh atau ke teteh?


Soal tiket masuk Kebun The Wonosari wisatawan tidak perlu banyak merogoh kocek. Cukup membayar tiket masuk RP10.000,00 wisatawan sudah bisa menghabiskan waktu sepuasnya di sana. Jam operasionalnya dimulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00. Untuk sekadar liburan murah, agrowisata ini bisa dijadikan alternatif wisata bagus di akhir pekan bersama keluarga.


Menariknya lagi, jika beruntung wisatawan akan menjumpai para petani yang memetik daun teh. Sambil mengelilingi perkebunan wisatawan dapat dapat menyaksikan proses pemetikan, pengolahan, sampai menjadi teh siap seduh. Eits, wisatawan juga dapat menikmati teh langsung di kawasan Agrowisata Kebuh Teh Wonosari, lho. Teh disajikan dalam keadaan hangat untuk menghalau dinginnya angin pegunungan. Anda tertarik mencoba? Amey