Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) bersama Kemahasiswaan UM sukses mengadakan acara Job Fair dan Entrepeuner Expo 2019. Acara ini diadakan mengingat penambahan jumlah lulusan UM setiap tahunnya yang mencapai 4000 orang. Semakin bertambahnya jumlah alumni, maka semakin bertambah pula tantangan yang dihadapi selanjutnya.“IKA UM sebagai wadah kerja sama alumni dalam rangka mengembangkan almamater berupaya memfasilitasi lulusan tersebut dengan kebutuhan dunia kerja, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan UM Job Fair dan Entrepeuner Expo,” ungkap ketua umum pengurus pusat IKA UM, Prof.Dr.Ainin, M.Pd.
Kegiatan ini diikuti oleh 22 perusahaan di antaranya Epson, Alterra, BCA Finance, Bukopin, dan Kalbe. Lebih dari 4000 job seeker berpartisipasi dalam acara ini, yang berasal dari berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat SMA/SMK, Diploma, Sarjana hingga Pascasarjana. Rangkaian acara yang diselenggarakan selama dua hari (17-18/07) ini mempertemukan beberapa perusahaan besar seperti yang diselenggarakan dalam Campus Hiring and recruitment di FIF Grup (Anggota PT. Astra), Guest Lecture Campus Hiring and recruitment oleh PT Epson di Gedung H5 Fakultas Teknik UM, dan Campus Hiring oleh PT Kalbe di aula perpustakaan UM.
Selain untuk memfasilitasi lulusan-lulusan UM dan masyarakat pada umumnya, kegiatan ini juga membantu program pemerintah dalam menekan jumlah pengangguran dengan cara mempertemukan pihak penyedia kerja dengan pihak pencari kerja secara langsung. Pada kegiatan job fair dan entrepeuner expo kali ini memberi kesempatan kepada pengusaha muda dari UM, khususnya alumni Program Kreativitas Mahasiwa dan Program Mahasiswa Wirausaha (PKM dan PMW) untuk turut berartisipasi mempromosikan produknya. Pada kegiatan kemarin salah satu tim PKM dari Fakultas Sastra UM yang memiliki produk buku cerita “Lala Lilo” turut serta meramaikan acara.
Pada job fair dan entrepeuner expo juga dilaksanakan informasi beasiswa S2 dan S3 di dalam negeri dalam program Scolarship Expo. Kegiatan tahun ini terintegrasi antara promosi, presentasi, pameran, konsultasi gratis, pameran wirausaha, beasiswa, dan rekruitmen perusahaan. “Acara ini sangat membantu lulusan baru UM untuk mencari pekerjaan selain itu juga yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 bisa mencari informasi di sini, diadakan gratis pula,” ujar salah satu pengunjung, Imah fresh graduate UM 2019.
Antusias peserta tidak bisa dibendung sejak acara dibuka pada pukul 09.00 dan ditutup pukul 16.00 WIB. Terlihat mereka memenuhi stan dan mengikuti pembukaan rekrutmen yang diadakan tiap perusahaan. “Salah satu yang harus diperhatikan job seeker saat ini adalah passion, tentukan passion dahulu ingin bekerja di bidang apa disesuaikan dengan kemauan dan kemampuan,” pesan Danita, salah satu karyawan Epson kepada job seeker milenial. Nikma