Hadapi musim pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), Direktorat Jenderal Pajak(DJP) gencar sosialisakan pelaporan SPT melalui E-filling. Mendukung upaya ini, Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM), bekerja sama dengan Kanwil DJP Jatim III menyelenggarakan isi bersama E-SPT di Ruang Sidang Senat Gedung Graha Rektorat lantai 9 pada Selasa (17/3). Acara ini merupakan kolaborasi bersama yang diselenggaarakan setiap tahun. Tujuannya untuk membantu masyarakat mengisi SPT agar lebih mudah.

Isi bersama E-SPT ini diselenggarakan dengan bantuan 40 relawan pajak. Acara ini juga diikuti oleh seluruh dosen UM dan tenaga pendidikan di unit kerja Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerja sama (BAKPIK), Biro Umum dan Keuangan (BUK), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (LP2M), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan Program Pascasarjana (PPS). Sebanyak 150 lebih wajib pajak telah melaporkan SPT tahunan dalam acara tersebut. Ditemui di sela acara tersebut, Yogi Dwi Satrio, ketua pelaksana mengatakan bahwa acara tersebut mendapat sambutan baik dari wajib pajak. Antusias dan partisipasi dosen serta tenaga pendidikan di masing-masing unit kerja membuahkan hasil baik dalam pelaporan SPT.

Suasana isi E-SPT bersama

Cara pengisian E-SPT ini pun cukup mudah. Wajib pajak cukup membawa bukti potong pajak, Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Nomor Electronic Filing Identification Number (EFIN) yang diterbitkan oleh DJP atau password login DJP Online. Apabila wajib pajak lupa nomor EFIN maupun password, mereka akan dibantu oleh petugas untuk mendapatkan solusi. Dengan adanya acara ini, masyarakat, khususnya warga UM dapat melaporkan SPT dengan disiplin dan patuh membayar pajak sebagai langkah untuk memajukan Indonesia.

Niken