Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) Desa Gunungronggo memberikan pelatihan pembuatan kue di Balai Desa Gunungronggo (7/7). Pelatihan pembuatan kue ini diikuti oleh ibu-ibu PKK Desa Gunungronggo dan pemudi Karangtaruna. Dalam kegiatan ini, peserta tidak hanya diajarkan untuk membuat kue, tapi juga mendapat materi bagaimana mengolah hasil pertanian. Resep yang dipraktikkan dalam pelatihan ini ada dua, yaitu kue bolu kukus pisang dan permen pepaya. “Belum pernah bikin olahan makanan dari hasil pertanian seperti yang mbak-mbak dan mas-mas ini latihkan. Senang mbak, dapat resep seperti ini,” ujar salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Praktik pertama dimulai dengan membuat kue bolu kukus pisang. Meski kue ini tidak terkesan baru menurut peserta pelatihan, tetapi antusias peserta selama pelatihan berlangsung sangat baik. Setelah selesai mempraktikkan resep yang pertama, dilanjutkan dengan membuat resep yang kedua. Resep yang kedua adalah permen (manisan) pepaya. “Wah anak-anak suka ini, warnanya menarik mbak,” ujar salah satu peserta pelatihan. Setelah selesai praktik, sembari menunggu kue matang, ibu-ibu diarahkan untuk mendapatkan materi mengenai berbagai resep kue dan saling sharing berbagai resep masakan atau kue yang pernah dipraktikkan. Semua kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar. Antusias dan semangat dari para peserta, sangat baik terlihat dari semangat peserta saat mendengarkan dan memasak kue tersebut.

Para peserta semakin senang saat mahasiswa KKN UM membagikan buku resep yang dapat mereka bawa pulang. “Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan ibu-ibu serta masyarakat Gunungronggo dalam membuat kue dengan memanfaatkan hasil pertanian yang ada. Jadi kalau ada hajatan di rumah kue-nya bisa buat sendiri,” ujar Kepala Desa Gunungronggo.

Kontributor : Aprilia Darmayanti, Mahasiswa Jurusan Matematika

Editor: Bunga | Admin: Maria