Salah satu kelompok Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) yaitu kelompok Desa Kenongo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang berinisiatif mengajak masyarakat melakukan olahraga di rumah (4/7). Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat tetap sehat dan dapat memperkuat sistem imun sehingga tidak mudah terserang penyakit karena sistem imun yang kuat menjadi salah satu cara untuk membentengi diri dari Covid-19. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan cara beberapa mahasiswa KKN Desa Kenongo membuat video olahraga yang dilakukan di rumah masing-masing. Video olahraga berisi beberapa gerakan push up, sit up, skipping dan senam aerobik sederhana. Video tersebut kemudian digabung menjadi satu. Video olahraga itu nantinya akan dibagikan ke grup WhatsApp masyarakat Desa Kenongo, igtv KKN Desa Kenongo, dan disalin dalam bentuk CD untuk diserahkan ke pihak desa.

Mahasiswa KKN Desa Kenongo juga bekerja sama dengan pihak desa agar kegiatan tersebut dapat terealisasi dengan baik. Penyerahan produk CD program kerja video aktivitas olahraga dilaksanakan bersamaan dengan penyerahan semua program kerja KKN UM Desa Kenongo. Penyerahan produk kepada perwakilan desa diwakilkan oleh Dwi Fany Prayoga, penanggung jawab program kerja video aktivitas olahraga.

Koordinator Desa, David Alfaridzi berharap “meskipun di tengah pandemi Covid-19, sebisa mungkin rutin melakukan kegiatan olahraga di rumah minimal 1 kali dalam seminggu agar sistem imun tetap terjaga. Mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, memakai masker, sering mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi penyebaran Covid-19.”

Kontributor: Laila Alfiana, Mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Sarah Ike Febrinawati, Mahasiswa Jurusan Manajemen, dan M. Ghivari Zaka Wali, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga

 

Editor: Bunga | Admin: Maria