Pandemi Covid-19 bukan halangan bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) untuk tetap melangsungkan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) UM di Desa Clumprit, Kabupaten Malang adalah membuat video tutorial pembuatan cairan disinfektan untuk masyarakat desa (3/7). Penyemprotan cairan disinfektan tengah marak dilakukan di tengah pandemi global virus Covid-19. Tidak hanya oleh instansi resmi, warga juga berlomba-lomba melakukannya secara mandiri.

Disinfektan dipercaya mampu mensterilkan benda-benda dari kuman, bakteri, dan virus karena mengandung chlorin. Bahan kimia chlorin memiliki fungsi untuk membunuh virus, termasuk virus Corona. Penggunaan disinfektan bisa dilakukan dengan cara mengelap benda yang sering disentuh, seperti permukaan meja, kursi, gagang pintu, tombol lift, kunci mobil, saklar lampu, telepon, remote TV, toilet, dan lain-lain. Cairan disinfektan yang telah disimpan di dalam wadah langsung disemprotkan kemudian ditunggu sekitar 10 menit sampai mengering kemudian barang yang sudah disemprotkan bisa digunakan kembali seperti semula. Cukup menggunakan cairan pemutih dan disemprotkan sehari dua kali, yaitu pagi dan sore hari. Proses pembuatan disinfektan dapat dilihat pada tautan berikut ini https://youtu.be/RqoylTdMM4c.

Cara-cara lain yang juga mudah dilakukan untuk mencegah Covid-19 saat ini adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menghindari menyentuh wajah dengan tangan kotor, menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk, dan menjaga jarak minimal satu meter saat berinteraksi langsung dengan orang lain. Kegiatan lainnya yang dapat menjaga imun tubuh tetap bekerja dengan baik adalah dengat rutin berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

Kontributor: Suprih Puji Lestari, Mahasiswa Administrasi Pendidikan

Editor: Bunga | Admin: Maria