Salah satu cara paling efektif untuk membunuh virus corona adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Menyediakan tempat cuci tangan merupakan rangkaian dari program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung Universitas Negeri Malang (UM) sebagai salah satu aksi pencegahan penyebaran Covid-19. Program Kerja ini dirancang oleh Mahasiswa KKN Pulang Kampung di Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo (30/6).

Program kerja ini adalah program kerja serangkaian yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN UM demi menekan penyebaran Covid-19. Program kerja utama yang digalakkan oleh mahasiswa KKN UM, sekaligus program kerja demi mendukung target pemerintah yakni Kampung Tangguh. Mahasiswa KKN UM menyiapkan 10 unit tempat cuci tangan portable untuk mendukung terlaksananya Kampung Tangguh Semeru atau kependekan dari Sehat, Aman, Tertib, dan Rukun. Tempat cuci tangan yang disediakan berbahan dasar dari ember yang diberi lubang pada sisi bawahnya, kemudian dipasang keran pada bagian yang sudah dilubangi tadi. Program kerja ini disambut hangat oleh warga maupun perangkat desa yang mendampingi pelaksanaan program kerja tersebut. Bapak Tohar mengungkapkan “dengan adanya program Kampung Tangguh dari pemerintah dan bersamaan dengan pelaksanaan KKN mahasiswa Universitas Negeri Malang, sangat membantu masyarakat setempat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan meminimalisir penyebaran Virus Covid-19. Salah satunya dengan program penyediaan tempat cuci tangan gratis yang didistribusikan di beberapa titik di Desa Muneng.”

Bersamaan dengan program kerja penyediaan tempat cuci tangan portabel, warga juga diberikan informasi tambahan berupa modul E-book mengenai panduan New Normal yang sesuai dengan protokol kesehatan selama berada di ruang publik dan menggunakan fasilitas umum. Dengan adanya penyediaan tempat cuci tangan beserta panduan E-book New Normal, diharapkan masyarakat dapat mematuhi protokol-protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 sekaligus menyukseskan program pemerintah, Kampung Tangguh.

Kontributor: Annisa Khusnul Khotimah, Mahasiswa Jurusan Geografi

Editor: Bunga | Admin: Maria