Di era digital sekarang ini, Youtube merupakan salah satu media sosial yang menjadi sumber informasi bagi para penggunanya. Youtube menyediakan berbagai macam video mulai dari video klip hingga film. Karena kelebihan itulah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) yang bertugas di Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang memanfaatkan Youtube sebagai wadah salah satu wujud program kerja kerja mereka. Diantara sembilan program kerja yang telah dirancang pembuatan Youtube Channel Desa Sengguruh menjadi salah satu program unggulan.

Youtube Channel Desa Sengguruh yang diberi nama “Sengguruh Hebat” ini bertujuan untuk menyediakan wadah media digital bagi warga desa agar dapat digunakan sebagai media efektif dalam memperkenalkan dan mendokumentasikan berbagai potensi dan keunggulan di Desa Sengguruh. Saat ini Youtube Channel Sengguruh Hebat telah memiliki 153 subscribers.

Salah satu video penting yang diunggah mahasiswa KKN UM adalah film pendek berjudul “Sang Merah Putih”. Mahasiswa KKN UM di Desa Sengguruh turut andil dalam proses produksi film mulai dari perekaman, penyusunan hingga editing. Konsep utama film pendek ini adalah pewarisan karakter cinta ideologi bangsa dan nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda. Film pendek ini akan diikutsertakan dalam Lomba Pembuatan Film Pendek “Desa Pancasila” yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (DPC PDI) Perjuangan Kabupaten Malang.
Istimewanya, salah satu tokoh penting dalam film pendek tersebut diperankan oleh warga Desa Sengguruh, seorang veteran yang pernah berjuang dalam perang kemerdekaan. Film berdurasi 7 menit 21 detik yang diunggah pada Kamis, 24 Juni 2021 dengan link https://youtu.be/Mmw_mklBAQc ini telah ditonton oleh lebih dari 1.000 viewers.

“Luar biasa … semoga para generasi penerus bangsa selalu mengobarkan semangat perjuangan dan menerapkannya dalam kehidupan, sesuai makna yang terkandung dalam Pancasila serta mempertahankan Sang Saka Merah Putih hingga titik darah penghabisan. Sukses selalu untuk karya anak bangsa dan jayalah Indonesiaku!” demikian komentar Abai Saleh Camat Kepanjen mengenai film pendek tersebut.
Realisasi program pembuatan Youtube Channel ini diharapkan memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat Desa Sengguruh. Mahasiswa KKN UM juga berharap selanjutnya masyarakat luas dapat menyaksikan dan mengenal berbagai potensi Desa Sengguruh yang sangat potensial.

Pewarta: Sri Pradnyaparamitha Arolla Ramadhani Oktafianto