Mahasiswa UM Kenalkan Wisata Ponorogo melalui Karakter Kartun Mas Thara
Mengenalkan sebuah objek wisata perlu dilakukan dengan strategi inovatif. Upaya tersebut dilakukan oleh tim Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan UM 2021 didanai Belmawa. Tim PKM ini mengusung kartun Mas Thara sebagai ikon branding untuk mengenalkan objek wisata di Kabupaten Ponorogo pada generasi milenial.
Tim PKM-K Mas Thara terdiri dari lima orang mahasiswa UM yaitu Ketua tim Mohammad Ridho Dwi Maryadi beranggotakan Arif Priambodo, Elvira Fresa Andaresta, Fella Yusmia Nida, dan Anjar Dwi Hariadi. “Mas Thara adalah karakter kartun yang dibuat khusus dengan desain yang unik dan kekinian, diharapkan ikon ini dapat mendorong potensi pariwisata di Kabupaten Ponorogo lebih luas lagi,” ungkap Ridho.
Terpilihnya karakter Mas Thara didasari beberapa pertimbangan. ‘Mas’ adalah sapaan bagi pemuda masyarakat Jawa, sedangkan ‘Thara’ adalah nama tokoh adipati pertama di Ponorogo yakni Bathara Katong. Mas Thara digambarkan sebagai sosok pemuda yang ramah dan murah senyum. Visualisasinya dikemas menarik dengan pakaian adat khas Ponorogo. Diharapkan karakter ini mendorong masyarakat Ponorogo dimanapun berada semakin mencintai sejarah dan budaya tanah kelahiran.
Ridho menuturkan bahwa penentuan Ponorogo sebagai fokus promosi pariwisata karena bumi Reog ini memiliki banyak objek wisata indah namun belum begitu dikenal masyarakat luas bahkan oleh masyarakat Ponorogo sendiri.
“Kabupaten Ponorogo menyimpan banyak potensi pariwisata yang belum dipublikasikan dengan baik. Terdapat 36 potensi pariwisata di Ponorogo yang menarik dan sangat potensial sehingga perlu dikenalkan,” jelas Ridho. Untuk menambah daya tarik banding ini, karakter Mas Thara juga dirancang menjadi merchandise berupa kaos dan boneka. Nantinya, merchandise Mas Thara dapat diperoleh melalui pembelian online di Shopee dan Tokopedia. Tak tanggung-tanggung, Mas Thara juga memiliki akun Instagram resmi yaitu @mas.thara_official sebagai sarana pemasaran di media sosial.
Kehadiran Mas Thara sebagai inovasi bidang kewirausahaan pariwisata ini memperolah banyak dukungan dari berbagai pihak. Ibu Vika Annisa Qurrata, S.E., M.E sebagai pembimbing PKM ini menyampaikan harapannya pada karya inovatif ini. “Mas Thara yang hadir sebagai ikon Ponorogo yang lucu dan menarik ini diharapkan dapat diterima dan dikenal oleh generasi milenial. Orang tua atau lansia asli Ponorogo juga pasti bangga dan selalu teringat dengan Ponorogo ketika melihat Mas Thara,” tutupnya.