Tren penggunaan webinar sebagai wahana knowledge sharing, sosialisasi dan upaya meningkatkan produktivitas di masa pandemi Covid-19
Menarik perhatian enam mahasiswa UM untuk menciptakan sebuah aplikasi Webinar Booking and Broadcasting atau Weboo (01/08).

Terlebih sejumlah riset menyebutkan bahwa Pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan peralihan masa belajar era digital dimana webinar menjadi salah satu alternatif wahana mendalami dan mempelajari sebuah bidang ilmu yang diminati disamping wahana atau lembaga belajar lainnya. Keunggulan webinar yang tidak terbatas antara ruang ilmu, dan waktu, membuat para pemuda merasa mudah mengakses kegiatan tersebut untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan skill sesuai keinginan dan kebutuhan, sehingga terbentuk _equal education right.

Aplikasi Webinar Booking and Broadcasting atau Weboo diciptakan oleh mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) dan mahasiswa Design Komunikasi Fisual Fakultas Sastra (FS), yaitu Nadhifah (FT), Axel (FS), Firzan (FT), Nandha (FT), dan Michell (FS) yang dibimbing oleh Kartika Candra Kirana, S.Pd., M.Kom. Pengembangan Weboo bertujuan meningkatkan produktivitas generasi muda yang sangat akrab dengan internet dan teknologi informasi. Diharapkan mereka dapat mengembangkan potensi dan kemampuan melalui webinar.

Aplikasi Weboo memiliki sejumlah keunggulan pada enam fitur yang dinilai yaitu pertama fitur Time Registration berfungsi membantu proses pendaftaran webinar secara ringkas dengan memasukkan data satu kali dan tidak perlu login ulang untuk mengikuti webinar berikutnya. Kedua fitur “Cari” berfungsi membantu pengguna aplikasi menemukan webinar yang diminati sesuai kriteria tertentu. Ketiga fitur “Reminder” untuk mengingatkan peserta agar mendaftar atau mengikuti webinar yang akan berlangsung. Keempat fitur “Sertifikat dan Materi” adalah pengarsipan materi dan sertifikat webinar. Kelima fitur “Jadwal” untuk menjadwalkan kehadiran webinar, dan keenam fitur “Absensi dan Feedback” dimana peserta melakukan konfirmasi kehadiran pada webinar dan memberikan review kualitas pelaksanaan webinar yang diikuti.

Nadhifah berharap “Aplikasi Weboo dapat dipakai lebih massal dan memberikan dampak positif dalam membantu generasi milenial dan generasi Z untuk belajar dan meningkatkan skill, pengetahuan, dan produktivitas melalui webinar,” jelasnya.

Pewarta: Waviq Azizah

Editor: Bunga | Admin: Daffa’