Pembaharuan dalam dunia pendidikan terus digalakan, terbukti dari kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan alumni dilakukan untuk menciptakan media pembelajaran dan inovasi digital. Melalui program pengabdian kepada masyarakat, dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi yaitu Bapak Drs. H. Mohammad Arief, M.Si yang beranggotakan Dr. Madziatul Churiyah, S. Pd., MM, Andi Basuki, S. Pd., M.Pd, dan Buyung Adi Dharma, S.AP., M.AP, Mariza Agustina dan Dewi Ayu Sakdiyyah, S.Pd, dalam pelaksanaan program yang dilakukan di SMK Negeri 1 Probolinggo pada (16/09) bertajuk “In House Training Electronic Office Equipment”.

Dewi mengatakan bahwa pembelajaran daring harus didukung media pembelajaran yang inovatif dan mudah digunakan. Oleh karena itu, tim pengabdian mengembangkan aplikasi bernama ADP DIGILAB, sebuah aplikasi yang dirancang memudahkan praktikum keahlian administrasi perkantoran. “Tim pengabdian ADP DIGILAB memperkenalkan media pembelajaran berupa aplikasi praktikum program keahlian administrasi perkantoran,” terang Dewi saat diwawancarai Kru Majalah Komunikasi.

Aplikasi ini bertujuan memudahkan proses belajar siswa melalui fitur kearsipan dan korespondensi. Aplikasi ini juga dapat membantu guru dan siswa dalam melakukan praktik perkantoran secara virtual. Guru bisa mengakses kinerja siswa dalam membuat dan mengelola surat, guru juga bisa memberikan umpan balik serta nilai pada pekerjaan siswa.

Program pengabdian ini disambut dengan penuh antusias oleh pihak SMK Negeri 1 Probolinggo. Respon positif tersebut tentunya dikarenakan tim pengembang berhasil menciptakan media yang inovatif dan mampu menjawab tantangan pembelajaran yang muncul pada era saat ini.

Tim pelaksana berharap di masa yang akan datang UM mengembangkan kerja sama dengan lebih banyak sekolah di berbagai daerah agar bisa membantu menemukan solusi dan inovasi pembelajaran.

Pewarta: Berlian

Editor: Bunga | Admin: Daffa’