Pada 20–23 Februari 2022, Unit Kegiatan Mahasiswa Al-qur’an Study Club (UKM ASC), Universitas Negeri Malang (UM) telah mengikuti lomba Festival Tafsir Hadist Nasional secara offline di Gedung Auditorium PPDA STIUDA Bangkalan. Festival tersebut diikuti oleh banyak peserta dari 10 tim berbeda. Peserta yang ikut andil dalam Festival Tafsir Hadist Nasional berasal dari berbagai pondok pesantren dan universitas di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah PP. Nurul Ulum Malang, STIUDA, IKHAC (Institut Pesantren KH. Chalim), Pesantren Darussholah Putri, PP. Sabilurrosyad 3 Betek Malang, dan UM.

Adapun beberapa rangkaian acara Festival Tafsir Hadist Nasional diawali dengan pendaftaran peserta dan technical meeting yang dilaksanakan secara online. Kemudian, acara pembukaan, penampilan peserta sesuai nomor urut, dan pengumuman pemenang serta pemberian hadiah.

Perwakilan dari UKM ASC UM yang mengikuti lomba ini terbagi menjadi dua tim, yakni tim putra dan tim putri dengan susunan formasi terdiri dari Rei Syech Jehan sebagai penerjemah, Naufal Asyraf Hami sebagai pensyarah, Muhammad Aslam Bahris sebagai qari’, Nabilah Azfa Fauziyyah sebagai pensyarah, Wildatun Nabilah sebagai penerjemah, dan Memes Linda Ayuari sebagai qari’.

Selama hampir satu bulan, berbagai persiapan dilakukan oleh kedua tim dari UKM ASC UM agar dapat mengikuti lomba dengan maksimal. Persiapan meliputi latihan rutin bersama pembina seperti hafalan teks, revisi, menyamakan kekompakan, mencari lagu, mencari fakta apa yang akan dibahas, dan lain-lain. Tidak lupa pula zikir dan selawat senantiasa dilantunkan demi memohon hasil yang terbaik kepada Sang Maha Kuasa.

Kedua tim mengusung tema “Peran Pemuda” karena tema tersebut sangat relevan dengan berbagai kasus penyimpangan sosial yang akhir-akhir ini terjadi di kalangan para pemuda. Contohnya, kasus narkoba, pergaulan bebas hingga kasus bunuh diri dan masih banyak lagi. Berbuah manis, Tim UKM ASC UM tampil dengan maksimal dan memperoleh hasil yang terbaik dengan menyabet semua kategori juara yang ada di Festival Tafsir Hadist Nasional. UKM ASC UM mendapat juara satu, juara dua, dan juara tiga cabang Musabaqah Syarhil Qur’an.

“Alhamdulillah, bersyukur sekali dan selalu kami ucapkan pada diri kami agar terus bersemangat dan rendah hati serta menjadikan kebahagiaan ini sebagai motivasi untuk terus berproses menjadi lebih baik lagi. Tak lupa, terus berkarya dan membanggakan orang-orang terkasih.” Ujar Vicky Galih Dewangga selaku Ketua UKM ASC UM.

Memes Linda Ayu, salah satu anggota tim lomba UKM ASC UM juga mengungkapkan rasa syukurnya dan merasa bahagia atas keberhasilan yang diraih UKM ASC UM.

“Harapan ke depannya, semoga tim kami menjadi semakin kompak meskipun kesibukan semakin banyak tetapi kami dapat terus berusaha untuk mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan di berbagai kampus. Semoga kami dapat kembali berprestasi dan membawa nama baik UKM ASC serta nama baik UM.” Ujar Memes.

Serupa dengan Memes, Vicky juga berharap untuk ke depannya, UKM ASC UM dapat terus bersemangat dan berkarya demi memberikan yang terbaik untuk UM maupun orang-orang di sekitar karena niat syiar Al-Qur’an adalah dapat menata hati menjadi lebih baik.

Reporter: Laily Nur’aini