Sugeng Rawuh Mahasiswa Baru….

Salam hangat kepada seluruh pembaca majalah komunikasi. Pada edisi kali ini, Komunikasi menyuguhkan berita-berita terhangat di UM, salah satunya sistem baru dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di UM, yakni menggunakan sistem on-line.
Sugeng rawuh (selamat datang)  mahasiswa baru dan selamat bergabung di kampus tercinta Universitas Negeri Malang (UM). Perguruan tinggi merupakan  wahana baru bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensinya, baik potensi akademik maupun nonakademik.  Bagi mahasiswa baru, memasuki perguruan tinggi merupakan masa transisi atau dapat disebut masa perubahan. Perubahan dari yang tidak mandiri menjadi mandiri, dari yang kurang ilmiah menjadi ilmiah, dari yang tidak disiplin menjadi disiplin. Di Perguruan Tinggi, banyak prilaku dan kebiasaan yang berbeda dengan  masa sekolah menengah. Di sekolah menengah, peran guru dalam belajar sangat dominan. Misalnya pemilihan jurusan, cara belajar, mengembangkan bakat dan minat senantiasa dibimbing dan diarahkan oleh guru.  Berbeda dengan di sekolah menengah, di perguruan tinggi mahasiswa dituntut untuk mandiri dalam segala aspeknya. Mandiri dalam belajar, mandiri dalam mengembangkan bakat dan minat, dan mandiri dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapinya terutama masalah belajar.
Karena memasuki dunia baru, mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan lingkungan, baik lingkungan kampus maupun tempat tinggal terutama bagi yang dari luar daerah. Mahasiswa harus mengenal dan memahami bagaimana cara belajar yang baik, memahami berbagai karakter program studi, matakuliah, dosen, dan temannya.
Untuk bisa beradaptasi sehingga mampu untuk berkompetisi dengan lingkungan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain: a) mahasiswa harus mampu mengenali, dan menumbuhkembangkan keunggulan pribadi yang dimiliki; b) mengenali, mengurangi dan menghilangkan kelemahan dan kekurangan,  dan termasuk kelemahan dalam mengendalikan emosi.
Pembaca yang budiman
Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini PMB untuk program diploma 3 (D3) regular  dan jalur mandiri Universitas Negeri Malang menggunakan sistem on-line. Calon mahasiswa bisa mendaftar dan membayar on-line, kemudian mencetak kartu pendaftaran untuk dibawa ke tempat ujian. Karena baru pertama kali menggunakan sistem on-line, tentu masih banyak calon mahasiswa yang masih belum paham tata cara melakukan pendaftaran. Untuk mengantisipasi kurangnya informasi dengan penerapan sistem on-line ini, panitia penerimaan mahasiswa baru sudah menyediakan layanan informasi  dan pengarahan tata cara pendaftaran on-line.
Kelebihan pendaftaran dengan sistem on-line adalah kedisiplinan dan logika komputer. Kita tidak bisa melengkapi prosesnya kalau tidak memenuhi prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemrogram komputer.  Selain itu, dengan sistem on-line bisa menghemat sumber daya (waktu, biaya, tenaga) baik calon mahasiswa maupun panitia.
Pembaca yang budiman
Penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan sistem on-line merupakan salah satu bentuk layanan prima yang diberikan UM untuk masyarakat terutama untuk calon mahasiswa. Ke depan mudah-mudahan calon mahasiswa yang sudah resmi tercatat sebagai mahasiswa bisa memilih dan mendaftar mata kuliah secara on-line, atau mengikuti mata kuliah yang diajarkan secara on-line. Calon mahasiswa atau mahasiswa juga bisa mengecek nilai, membayar uang kuliah, dan mendapatkan salinan transkrip secara on-line.

Penulis adalah anggota penyunting majalah Komunikasi yang juga dosen di Jurusan Manajemen FE UM

Bagikan informasi ini: