Oleh: Selfi Sri Wahyuni

Ketika mendengar kata mahasiswa, apa yang Anda pikirkan? Tentu berbagai persepsi muncul. Apa pun  yang Anda pikirkan, masyarakat tetap menempatkan status mahasiswa  ke dalam golongan yang terhormat dan mereka memberikan penghargaan dengan sebutan kaum intelek.
Sebenarnya siapa mahasiswa itu dan ada apa dengannya? Sedikit tentang mahasiswa, yaitu orang yang berusaha mencari jati diri dengan ilmu yang sedang dipelajari dan berusaha menemukan hal-hal yang baru dalam hidupnya yang memiliki prospek baik ke depan. Itulah seharusnya mahasiswa adalah kaum yang selalu dalam proses pembelajaran.
Meski masih belajar, tentu dia mempunyai pengaruh atau kontribusi yang tidak sedikit dan dapat dikatakan tidak dapat diremehkan dalam memberikan perubahan-perubahan dalam lingkungan. Mahasiswa yang idealis dan kreatif selalu menuangkan ide-idenya dalam suatu gagasan maupun karya. Harapan dari dilahirkannya sebuah karya adalah mendapatkan penghargaan dan perhatian dari orang lain. Namun, seringkali ada  yang tidak peduli dengan reaksi atau tanggapan dari pihak atau orang lain mengenai karya yang dihasilkannya. Mereka ini cenderung puas dan menikmati apa yang mereka hasilkan. Hal ini juga mempunyai dampak positif bagi perkembangan kreativitas yang dimiliki, karena tidak menjadikan anggapan orang lain sebagai batasan untuknya berkreasi.
Suatu karya tentu memakan waktu dan biaya, tentunya tenaga manusia adalah yang utama. Buah pikir yang terealisasikan dengan melewati berbagai halangan dan masalah merupakan kebanggaan tersendiri. Contoh konkret dari karya-karya mahasiswa adalah karya ilmiah. Di dalam karya ilmiah inilah mereka menuangkan ide-ide baru baik berupa penelitian maupun berupa pembuatan suatu produk. Disini, ide-ide yang mereka sampaikan tidak asal-asalan tetapi harus dilandasi atau didasari dengan ilmu pengetahuan. Dari sinilah muncul karya ilmiah dari berbagai bidang ilmu pengetahuan, tidak hanya bidang sains saja. Universitas sebagai wadah yang menaungi mahasiswa memberikan suatu respon positif terhadap ide-ide yang muncul, di mana ide dan kreativitas ini merupakan wujud dari sumber daya mahasiswa yang harus diatur fan dikelola dengan cara dan arah yang tepat. Oleh karena itu, munculah keinginan untuk mengumpulkan dan mengadu ide-ide tersebut melalui Penulisan Karya ilmiah Mahasiswa. Mahasiswa dimotivasi untuk bersaing antar sesama dalam penulisan Karya ilmiah terbaik, yang nantinya akan mendapatkan dana dalam pelaksanaannya.
Menulis proposal adalah suatu kegiatan yang berupa karya ilmiah. Di dalam menulis proposal, tidak semudah menjawab soal-soal latihan. Ide yang disampaikan harus mempunyai alasan yang kuat sehingga patut diangkat sebagai judul. Suatu karya ilmiah harus memiliki tujuan dan permasalahan yang jelas, dan masih banyak lagi ketentuan–ketentuan yang harus dipenuhi dalam penulisan karya ilmiah. Hal ini semakin memperketat persaingan diantara mahasiswa. Selain bertanding ide juga berperang dalam hal penulisannya. Jika ide bagus tetapi penulisannya kurang, tentu akan menjadi bahan pertimbangan. Semakin banyak pesaing, akan memicu mahasiswa untuk lebih giat dan lebih kretif lagi. Sadar atau tidak, melalui Penulisan Karya ilmiah ini mahasiswa telah belajar untuk meningkatkan managemen SDM yang dimiliki. Harapan ke depan adalah mahasiswa akan lebih mampu mengelola sumber daya yang ada pada dirinya sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya pribadi dan orang lain, terlebih masyarakat.

? Penulis adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang