Mengenal Komodo Lewat 7 Wonders of The Nature

mengagumkan: komodo dan pulau komodo

Oleh Nailil Mustafidah

Siapapun orangnya, tentu akan bahagia apabila salah satu kekayaan negerinya terkenal seantero bumi. Tentu masih segar dalam ingatan kita, saat Candi Borobudur menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Dunia mengenal Candi tersebut dan berbondong-bondong untuk melihatnya langsung dari dekat. Bahkan, Pangeran Akihito dari Jepang harus mengorbankan waktu berkunjungnya untuk bisa bermain-main dengan puas di Candi yang dibangun pada masa kejayaan kerajaan Syailendra tersebut.
Saat ini, yang berpotensi mengembalikan citra bangsa Indonesia agar kembali dikenang dan dikunjungi oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara adalah Taman Nasional Komodo (TNK) yang berhasil masuk menjadi finalis New 7 Wonders of The Nature. TNK lolos ke babak terakhir (babak III) dan berhasil menyisihkan 440 nominasi dari 220 negara. Bersama dengan 27 finalis lainnya, TNK kini bersaing untuk memastikan diri sebagai New 7 Wonders of The Nature (Kompas, 27/07/09).


Sebagai warga Negara Indonesia, tentu kita tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mengenalkan hewan langka tersebut kepada dunia. Dari sisi pariwisata, sangat menguntungkan bagi Indonesia karena dapat menyedot wisatawan, dalam negeri maupun asing, sehingga meningkatkan devisa negara. Namun sebenarnya, ada beberapa keuntungan yang tidak hanya dimiliki Indonesia tetapi juga dunia apabila TNK lolos menjadi salah satu dari 7 Wonders of The Nature :
1.    Komodo dipercaya sebagai satu-satunya binatang zaman purba yang tersisa di dunia. Discovery Channel pernah menyebutkan bahwa struktur tubuh Komodo sama dengan struktur tubuh salah satu jenis Dinosaurus pemakan daging yaitu Tyrex. Dengan masuknya Komodo menjadi New 7 Wonders of The Nature, dunia lebih mudah mengeksplorasi informasi tentang Komodo dari berbagai media. Untuk pengembangan riset, keperluan pendidikan, bahkan mengenalkan anak-anak muda terhadap satu-satunya hewan purba yang tersisa di dunia.
2.    Jumlah Komodo sangat jarang, hanya berkisar di angka puluhan. Selama ini, belum ada undang-undang internasional yang mengatur tentang perlindungan komodo walaupun telah diketahui bahwa Komodo hanya ada di Indonesia. Dengan masuknya Komodo sebagai New 7 Wonders of The Nature, dunia internasional akan ikut membantu melindungi dan melestarikan hewan langka ini. Selain dengan membentuk undang-undang perlindungan, juga dengan membatasi akses eksplorasi berlebihan terhadap Komodo sehingga Indonesia dan dunia tidak kehilangan satu-satunya hewan purba yang tersisa itu.

Tinggal selangkah lagi TNK menjadi bagian dari dunia internasional yang dilindungi secara ketat dan dipelihara secara internasional. Tidak mudah bagi suatu nominasi untuk terus melangkah sampai ke babak III. TNK telah menjadi finalis dari 440 nominasi sehingga bisa dibilang, TNK telah layak menjadi salah satu dari New 7 Wonders of The Nature. Agar keberhasilan itu tidak hanya menjadi impian semata, butuh langkah konkrit untuk mencapainya.
Bagaimana cara untuk memberi dukungan kepada TNK agar menjadi salah satu dari New 7 Wonders of The Nature? Berikut langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk memberi suara pada TNK:

1.    Masuk ke website www.new7wonders.com
2.    Daftarkan diri Anda menjadi member dengan membuat akun (Create New Account). Setelah mendaftar, log in dengan nama member Anda. Pilih New 7 Wonders of The Nature.
3.    Pilih 7 pilihan dari 28 finalis. Pilihan wajib Anda, Komodo. Untuk enam yang lain, bebas saja. Lanjutkan ke step 2.
4.    Step 2 hanya berisi review tentang pilihan-pilihan Anda. Lanjutkan ke step 3 untuk mengkonfirmasi pilihan terakhir Anda. Untuk ini, tentu Anda hanya diwajibkan memilih Komodo.
5.    Sebelum keluar, Anda bisa juga menambahkan slogan dengan memilih menu Add Slogan untuk memotivasi Indonesia dan dunia untuk memperjuangkan keberadaan dan perlindungan Komodo di dunia.
Keberhasilan Komodo menjadi salah satu dari New 7 Wonders of The Nature sangat tergantung dari kepedulian warga Indonesia untuk memperjuangkannya. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai dua ratus jiwa, bukan tidak mungkin Komodo benar-benar menjadi bagian dari New 7 Wonders of The Nature. So, Let’s Vote Komodo to Become New 7 Wonders of The Nature to Save Our Treasure in This World

Penulis adalah mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang

Bagikan informasi ini:

11 Comments

  1. The Easiest Way To Get To Search Engine Rankings

  2. Bester Deutscher Portal mit Kameras, wo Sie die Liebe Ihres Lebens kennen lernen können!

  3. yay google is my queen aided me to find this outstanding web site ! .

  4. Vietnam Travel best of vietnam

  5. come join us and share Christmas with us! like us at facebook

  6. | noticed} this on google .

  7. How to use mozila firefox seting from an other windows?

  8. En lezzetli bir birinden güzel kaliteli resimli yemek tarifleri web sitesi.

  9. I’ve bookmarked your site.

  10. Your place is valueble for me. Thanks!…

  11. A number of of our web site readers have were not impressed with my personal web page not working appropriately throughout Traveler but appears to be superb in Stainless. Does one could have practically any tips to assistance resolve this difficulty ?