Buku ini merupakan kumpulan naskah pidato pengukuhan guru besar Universitas Negeri Malang. Dalam serangkaian kegiatan Lustrum XI UM  salah satu kegiatannya adalah penghimpunan dan penerbitan kumpulan pidato para guru besar pada kurun waktu   1973-2009. Dalam buku ini, pidato yang dikumpulkan berasal adalah pidato dua belas gurubesar dari jurusan-jurusan lingkup sains.


Sudah sepatutnya seluruh civitas akademika UM memberikan apresiasi positif terhadap upaya yang baik ini. Sebab, tidak jarang naskah-naskah ilmiah ini diperlukan kembali oleh civitas akademika UM atau pun yang dari non-UM. Tentu saja  isi pidato ini  tidak perlu diragukan lagi tingkat keilmiahannya karena penyampainya adalah orang-orang yang secara akademik sudah memiliki kredibilitas.
Isi pidato yang berbobot dan ilmiah tersaji dalam buku ini sehingga buku ini dapat memberikan manfaat, baik sebagai penambah wawasan khususnya dalam bidang sains dan pengajarannya serta menjadi sumber rujukan sebuah penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah.
Kita ambil sebuah contoh sebuah pidato yang disampaikan oleh salah satu guru besar dalam buku ini, yaitu pidato Prof. Dr. Duran Corebima Aloysius, M. Pd. Pidato beliau disampaikan pada tahun 2009. Dalam pidato ini kita bisa mengetahui sebuah paparan mengenai pembelajaran PBMP dan bagaimana penyajiannya dalam pembelajaran.
Memang, ada naskah pidato tahun 1973 yang tentu saja sudah sangat lama . Dengan karakter sains yang terus berkembang, pembaca dituntut  lebih cermat menangkap isi dari pidato pada tahun-tahun yang sudah berlalu tersebut.  Masih cocokkah untuk saat ini atau kah harus ada penyesuaian-penyesuaian dengan perubahan yang ada.
Buku yang memiliki tebal 458 halaman ini, selain berisi pidato-pidato dari para guru besar UM, juga berisi profil dan karya-karya para guru besar yang pernah dihasilkan sehingga secara tidak langsung, pembaca bisa mengetahui para guru besar yang masih eksis sebagai pendidik. Sebagai contoh, dua profil yang dimuat dalam buku ini, yaitu Prof. Dra. Herawati Susilo, M, Sc, Ph. D dan Prof. Dr. Duran Corebima Aloysius, M. Pd. Dua guru besar ini masih aktif mengajar di jurusan Biologi Universiatas Negeri Malang.

?    Peresensi adalah mahasiswa UM