Berdendang: salah satu penampilan peserta
saat tampil di panggung

Tahun 2010 Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Regional (Peksiminal) Jawa Timur Tangkai Lomba Dangdut diselenggarakan di UM. Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta putri dan 13 peserta putra dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Para peserta melakukan registrasi dan technical meeting pada selasa (4/5) di gedung A3 lantai 2. Kegiatan yang digelar di gedung Sasana Budaya ini dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang kemahasiswaan, Kadim Masjkur pada pukul 09.00 WIB.
Dalam kompetisi bergengsi tingkat mahasiswa ini, gedung Sasana Budaya digoyang oleh para peserta se-Jatim. Tidak tanggung-tanggung, tiga dewan juri didatangkan langsung dari profesional musik dangdut, yakni Bapak Pompong  Supardjo pelaku seni etnik, campur sari, dan seni pertunjukan, pengamat seni tradisional dan modern; Bapak Bayu Wijayanto, S.Sn, M.Sn, dosen Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, pengajar vokal di studio 17 solo, sekretaris (cepa)- Center Exellent For Performance Arts ISI Yogyakarta, aktif sebagai dewan juri solo vokal dan paduan suara lokal dan regional, serta aktif dalam penelitian musik-musik etnik nusantara; dewan juri ketiga yakni Ibu Fera yang aktif sebagai pengamat atau dewan juri spesialis vokal dangdut dan pelaku seni solo vokal.
Pada babak penyisihan (5/5), sejumlah 25 peserta adu kebolehan di depan dewan juri dan terpilihlah lima peserta putra dan lima peserta putri yang berhak masuk ke babak final. Kelima peserta puta tersebut yaitu Anton Triono dari Universitas Brawijaya, Richi Rizkyanto dari UM, Syanu Rachmad R. dari Universitas Trunojoyo, Ocky Triarta J.K. dari Universitas Negeri Surabaya, dan Anton Sujarwo dari Universitas Muhammadiyah Malang. Sedangkan untuk kategori peserta putri adalah Widoretno Purwaningtyas dari Universitas Jember, Dahlia Wahyuni dari Universitas Negeri Surabaya, Kurnia Yuliana dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Anggun Dian P. dari Universitas Kanjuruhan, dan Evi Tri Rahayu dari Universitas Negeri Malang.
Setelah melalui babak penyisihan yang cukup panjang, kesepuluh peserta tersebut harus berkompetisi kembali. Untuk meminimalisasi ketegangan di babak final ini, panitia menampilkan Abdul Majidin, mahasiswa FT UM untuk menghibur peserta dan tamu yang hadir dalam acara tersebut dengan menyanyikan sebuah lagu dari penyanyi dangdut terkenal, Meggy Z. Ke sepuluh peserta tampil maksimal dalam ajang bergengsi tingkat perguruan tinggi se-Jatim ini. Tidak heran jika para peserta memerbaiki penampilannya di babak final ini karena persaingan semakin ketat.
Sebelum pemenang diumumkan, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Bapak Kadim Masjkur memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau mengemukakan bahwa seluruh peserta tampil maksimal dan semuanya layak maju ke tingkat nasional. Hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu dewan juri, yaitu semua peserta tampil lebih optimal dari penampilan waktu babak penyisihan kemarin sehingga persaingannya sangat ketat, “Semua peserta pantas untuk menjadi juara I,” ungkapnya.
Dalam lomba ini, putra dan putri dari UM mendapat juara II. Sedangkan untuk  juara I  peserta putra diraih oleh mahasiswa dari Universitas Brawijaya, Anton Triono dan untuk peserta putri diraih oleh Widoretno Purwaningtyas dari Universitas Jember. Para juara I ini akan maju ke Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (Peksiminas) Tahun 2010. Di tempat yang berbeda, tim Vokal Grup UM dari PSM memboyong juara I dan akan berlaga di Pontianak pada Juli mendatang. Nid