Selama tiga hari (12-14/7), seratus mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM). Mahasiswa ini sebelumnya telah lolos dari LKMM Tingkat Dasar yang dilaksanakan di masing-masing fakultas. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan  wawasan, sikap keterampilan untuk mengoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan.
Dalam pelaksanaannya, para peserta dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas A yang berlangsung di Aula utama, A3 lantai II dan kelas B yang dilangsungkan di Ruang Sidang Senat A3 Lt II UM. Hadir sebagai pemandu di kelas A yaitu, Sunaryono, S.Pd., M.Si., Evi Eliyanah, S.S., M.A., dan Yuliati Hotifah, S.Psi., M.Pd. Sedangkan di kelas B, Dra. Hayuni Retno Widarti, M.Si., Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd., dan Ika Putri Larasati, S.E., M.Com. Para pemandu ini adalah dosen UM sekaligus peserta yang dinyatakan lolos kegiatan Orientasi Pengembangan Pendamping Kemahasiswaan (OPPEK) & Pelatihan Pemandu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PP-LKMM). Tidak hanya itu, panitia mendatangkan pemandu senior tingkat nasional, yakni Drs. Benny Herawanto S., M.Psi. dari Unesa. Dalam kegiatan ini, metode yang digunakan oleh pemandu adalah ceramah, diskusi, simulasi, curah pendapat, dan kunjungan/studi lapangan.
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Bapak Kadim Masjkur dalam sambutan di acara penutupan LKMM TM ini,  menyatakan bahwa LKMM ini adalah bekal bagi mahasiswa untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang. ”Saudara mendapat amanah dari Universitas  untuk melaksanakan LKMM. Semoga dengan mengikuti kegiatan selama tiga hari ini Saudara mendapatkan ilmu yang bermannfaat, saya yakin sepuluh tahun ke depan Saudara yang akan menjadi pemimpin, di tempat masing-masing sesuai dengan kapasitas masing-masing,” tegasnya. Rencananya, LKMM TM tahap kedua akan digelar di tempat yang sama. Setelah LKMM-TM ini digelar, akan dipilih seratus peserta untuk mengikuti LKMM Tingkat Lanjut yang akan dipandu oleh dosen UM dan pemandu dari Dikti.Nid