Dalam rangka HUT, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan seminar kewirausahaan yang digelar dengan tema “Be an Extra Ordinary Entrepreneur”. Bertempat di gedung A3 lantai II (17/10), seminar ini dihadiri oleh 158 peserta yang terdiri dari lulusan S1, guru, mahasiswa dari berbagai fakultas, dan umum. Dua pemateri yang dihadirkan, yaitu Ridwan Abadi (Presdir Inspirasi Sukses Indonesia (ISI), Founder dan Senior Trainer ISI Training Center), dan Bapak Harun Musa (Direktur Airlangga Broadcast).
Bapak Harun Musa sebagai pemateri pertama menyampaikan beberapa hal. Ada tiga modal utama bisnis (ide, relasi, trust) dan steps to be an extra ordinary entrepreneur (start with a dream, memahami pengetahuan dasar bisnis, berani mengambil resiko, piawai menjual, hadapi kegagalan, etos kerja keras, dekat dan taat pada sang Pencipta). Dia juga memberi semangat kepada para peserta agar tidak pernah menyerah ketika mengalami kegagalan, karena hal itu bisa membuat seseorang semakin kuat dan hebat. Selain itu, jika ada ide apa pun, jangan ragu untuk menjadikannya usaha.
Materi kedua adalah sistem dan strategi menjadi owner yang baik disampaikan oleh Ridwan Abadi. Pemateri yang enerjik dan komunikatif ini mengatakan bahwa kata kunci menjadi pengusaha adalah “action” dan harus berani keluar dari zona nyaman. Ia lebih baik menjadi pemimpin yang disegani daripada atasan yang ditakuti. Entrepreneur harus memiliki visi yang besar, bisa menetapkan tujuan, dan membentuk sistem yang terstruktur. “Bisnisnya jalan, yang punya jalan-jalan. Itulah enaknya jadi pebisnis daripada karyawan,” ujar pelopor Batagor Jepang ini sumringah.
“Tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan teman-teman tentang cara membaca peluang usaha. Ke depannya, saya harap mahasiswa bisa kuliah sambil punya usaha,”ujar Rotim, ketua pelaksana kegiatan seminar. Tamu undangan pada acara ini adalah Rektor UM sekaligus memberikan sambutan di awal acara, Asisten Deputi SDM, Bapak Hari Parwanto (mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI), Dinas Koperasi, serta UKM kota Malang dan Jawa Timur.Nur